Model Pengembangan Self Awareness Tenaga Kependidikan terhadap Pelayanan Prima untuk Pengembangan dan Peningkatan Satisfaction Konsumen Pelayanan Jasa Universitas Negeri Padang

Taufik, Taufik and Ifdil, Ifdil and Netrawati, Netrawati (2018) Model Pengembangan Self Awareness Tenaga Kependidikan terhadap Pelayanan Prima untuk Pengembangan dan Peningkatan Satisfaction Konsumen Pelayanan Jasa Universitas Negeri Padang. Project Report. FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_99_lapakh_FIXGabunganLaporanKemajuan100docx.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dijalankan didasari oleh adanya staf atau tenaga kependidikan yang tidak mampu memberikan pelayanan prima terhadap konsumen, khususnya di civitas akademik Universitas Negeri Padang.Universitas Negeri Padang masuk ke dalam urutan ke 61 (enam puluh satu) dari 100 (seratus) Universitas terbaik di Indonesia. Menjadi salah satu Universitas terbaik di Indonesia mestinya staf dan tenaga kependidikan memiliki pelayanan yang prima kepada konsumen yang dalam hal ini adalah mahasiswa. Namun pada kenyataannya tenaga kependidikan masih banyak yang belum memiliki self awareness (kesadaran diri) dalam memberikan pelayanan prima kepada konsumennya. Sehingga yang terjadi adalah konsumen tidak mendapatkan satisfaction (kepuasan) terhadap pelayanan yang diberikan. Tentunya individu yang memilih dalam Perguruan Tinggi tidak terlepas dari unsur pelayanan dan kepuasan mahasiswa atas jasa pendidikan yang diperolehnya, maka dari itu tugas dari staf dan tenaga kependidikan adalah mempertahankan pelayanan yang dapat memberikan kepuasan kepada konsumen. Kajian literatur terbatas menunjukkan pelayanan Universitas Negeri Padang belum memuaskan pemustaka saat berkunjung, beberapa mahasiswa juga mengatakan bahwa tenaga kependidikan tidak melakukan pelayanan dengan baik kurang ramah serta suka menunda-nunda dalam urusan surat menyurat, hal ini jika dibiarkan akan berakibat buruk pada civitas akademik. Kondisi ini jika dibiarkan juga akan berdampak pada kekecewaan konsumen terhadap Universitas Negeri Padang. Untuk mengentaskan masalah tersebut dilakukan upaya pengembangan self awareness civitas akademik terhadap pelayanan prima untuk pengembangan dan peningkatan satisfaction konsumen pelayanan jasa Universitas Negeri Padang. Penelitian ini dilakukan selama 3 tahun.Tahun pertama telah dilakukan identifikasi kondisi self awareness tenaga kependidikan dan satisfaction konsumen, menghasilkan instrument, memperoleh HKI dan publikasi naskah pada kegiatan Seminar International. Pada tahun kedua dilanjutkan pada proses merancang, mendesign, mengembangkan model dan membuat buku panduan berupa modul untuk program pengembangan dan peningkatan satisfaction konsumen Universitas Negeri Padang, dan pada tahun ketiga menghasilkan modul program peningkatan self awareness tenaga kependidikan dan mendesiminasikan data mengimplementasikan produk modul program peningkatan self awareness tenaga kependidikan, kegiatan ini dimulai dari merancang hingga uji coba ahli dan uji coba terbatas, pada akhirnya menciptakan modul dan dengan aplikasi model program pengembangan self awareness dan peningkatan satisfaction. Lebih lanjut target yang ingin dicapai yaitu lahirnya model pengembangan self awareness dan peningkatan satisfaction, menghasilakan modul yang valid untuk pengembangan self awareness tenaga kependidikan dan peningkatan satisfaction konsumen Universitas Negeri Padang. Secara khusus hasil penelitian akan dipublikasikan pada prosiding seminar, jurnal nasional dan/atau Internasional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 31 May 2019 01:34
Last Modified: 31 May 2019 01:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22085

Actions (login required)

View Item View Item