Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Metode Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Jigsaw di SMP Negeri 3 Kota Solok

Yolanda, Elsa (2019) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Metode Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Jigsaw di SMP Negeri 3 Kota Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Elsa_Yolanda_14023017_570_2019.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni tari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar seni tari melalui metode pembelajaran Jigsaw pada siswa SMP Negeri 3 Kota Solok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research).Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes yang diberikan setiap akhir siklus. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi/pengamatan, tes dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatnya aktifitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Jigsaw pada pembelajaran seni tari di SMP Negeri 3 Kota Solok. Dapat dilihat dari persentase klasikal ketuntasan hasil belajar siswa pada ranah kognitif meningkat pada siklus 2 yaitu 97% dengan kriteria nilai sangat baik, sedangkan pada siklus 1 persentase klasikal ketuntasan hasil belajar siswa baru mencapai 70%. Hasil belajar keterampilan (psikomotor) siswa juga sangat baik, dilihat dari persentase klasikal ketuntasan hasil belajar siswa yaitu dari 56,6% meningkat pada siklus 2 menjadi 90% dengan kriteria nilai sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Mar 2019 03:27
Last Modified: 29 Mar 2019 03:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21632

Actions (login required)

View Item View Item