Dampak PT. Sarulla Operational Limited (SOL) Panas Bumi terhadap Ekonomi dan Lingkungan Masyarakat Kecamatan Pahae Julu Kabupaten Tapanuli Utara

Simatupang, Dina (2018) Dampak PT. Sarulla Operational Limited (SOL) Panas Bumi terhadap Ekonomi dan Lingkungan Masyarakat Kecamatan Pahae Julu Kabupaten Tapanuli Utara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Dina_Simatupang_1301892_5674_2018.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) dampak PT. Sarulla Operational Limited (SOL) Panas Bumi terhadap ekonomi di Kecamatan Pahae Julu, untuk mengetahui (2) dampak PT. Sarulla Operational Limited (SOL) Panas Bumi terhadap lingkungan (pencemaran air) di Kecamatan Pahae Julu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Kecamatan Pahae Julu, Kabupaten Tapanuli Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah Daerah Aliran Sungai Batang Toru dan masyarakat Kecamatan Pahae Julu dari 19 desa yang berjumlah 12.343 jiwa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada dampak positif dari keberadaan PT. Sarulla Operational Limited (SOL) Panas Bumi terhadap ekonomi masyarakat di bidang pekerjaan masyarakat memiliki peluang menambah penghasilan seperti membuka warung, rumah makan, kontrakan/kos-kosan, jual jasa sopir dan laundry yang meningkatkan pendapatan masyarakat, 2) berdasarkan hasil penelitian mengenai pencemaran air yang dilakukan dengan uji laboratorium, hasil penelitian menunjukkan bahwa air Sungai Batang Toru yang ada di sekitar PT. Sarulla Operational Limited (SOL) Panas Bumi tergolong tercemar dengan parameter yang diuji yaitu pH, BOD, DO, Posfat dan COD dan Nitrat tergolong tidak tercemar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Mar 2019 07:47
Last Modified: 13 Mar 2019 07:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21292

Actions (login required)

View Item View Item