Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Musik) di Kelas VIII-B SMP Negeri 9 Tebo

Primadoni, Ferry Rahman (2017) Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Musik) di Kelas VIII-B SMP Negeri 9 Tebo. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_FERRY_RAHMAN_PRIMADONI_1205439_1389_2017.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya (Musik) di kelas VIII B SMP Negeri 9 Tebo dengan menerapkan model pembelajaran langsung. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah adalah kelas VIII-B SMP Negeri 9 Tebo dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahapan yaitu seleksi data, klasifikasi data, dan presentase data. Hasil penelitian ini jika dilihat dari data nilai hasil belajar siswa meningkat dari pra siklus ke siklus 1, dan lebih meningkat lagi pada siklus 2. Jumlah nilai hasil belajar siswa sebelum menerapkan model pembelajaran langsung yaitu pada pra siklus hanya sebanyak 1696 dengan rata-rata nilai 70,7 yang kemudian meningkat pada siklus 1 yaitu sebesar 1853 dengan rata-rata nilai 77,2 dan kemudian meningkat lagi pada siklus ke 2 yaitu meningkat menjadi 2001 dengan rata-rata nilai 83,4. Jika dilihat dari aspek ketuntasan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran langsung meningkat secara signifikan, dari pra siklus sebanyak 7 orang siswa yang tuntas lalu meningkat menjadi 19 orang pada siklus 1 kemudian meningkat lagi menjadi 24 orang siswa atau bisa dikatakan tuntas 100% pada siklus ke 2. Untuk jumlah siswa yang tidak tuntas juga mengalami penurunan, yaitu pada pra siklus adalah sebanyak 17 orang kemudian menurun menjadi 5 orang pada siklus ke 1 dan kemudian menurun bahkan tidak ada lagi siswa yang tidak tuntas pada siklus ke 2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Dec 2018 03:11
Last Modified: 04 Dec 2018 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20008

Actions (login required)

View Item View Item