Pengaruh Teknik Copy the Master terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII MTsN Lubuk Buaya Kota Padang

Zurita, Isesma (2017) Pengaruh Teknik Copy the Master terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII MTsN Lubuk Buaya Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ISESMA_ZURITA_1300777_3328_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII MTsN Lubuk Buaya Kota Padang sebelum menggunakan teknik copy the master. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII MTsN Lubuk Buaya Kota Padang sesudah menggunakan teknik copy the master. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik copy the master terhadap tingkat keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII MTsN Lubuk Buaya Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Lubuk Buaya Kota Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks prosedur sebelum dan sesudah menggunakan teknik copy the master siswa kelas VII MTsN Lubuk Buaya Kota Padang. Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis teks prosedur sebelum dan sesudah menggunakan teknik copy the master siswa kelas VII MTsN lubuk Buaya Kota Padang. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes kinerja, yaitu tes menulis teks prosedur sebelum dan sesudah menggunakan teknik copy the master. Hasil penelitian ini ada tiga yaitu sebagai berikut. Pertama, nilai keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII MTsN Lubuk Buaya Kota Padang sebelum menggunakan teknik copy the master berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 67,11. Kedua, nilai keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII MTsN Lubuk Buaya Kota Padang sesudah menggunakan teknik copy the master berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 81,99. Ketiga, berdasarkan uji-t, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan teknik copy the master terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII MTsN Lubuk Buaya Kota Padang karena nilai thitung>ttabel (7,55 > 1,70). Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII MTsN Lubuk Buaya Kota Padang sesudah menggunakan teknik copy the master lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan teknik copy the master. Perbedaan itu terlihat signifikan berdasarlan uji-t, thitung>ttabel, yaitu 7,55 > 1,70. Dengan kata lain, teknik copy the master berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII MTsN Lubuk Buaya Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:19
Last Modified: 22 Nov 2018 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19681

Actions (login required)

View Item View Item