The Ability of English Department Students of UNP in Translating Phrasal Verbs in Sentences from English into Indonesian

Annisa, Finy (2016) The Ability of English Department Students of UNP in Translating Phrasal Verbs in Sentences from English into Indonesian. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_FINY_ANNISA_1100958_5412_2016.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji kemampuan mahasiswa dalam menerjemahkan phrasal verbs dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan Bahasa Inggris tahun akademik 2013 di Universitas Negeri Padang dan subjek penelitian dipilih dengan menggunakan metode simple random sampling. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah begaimana tingkat kemampuan mahasiswa dalam memahami phrasal verbs melalui cara menerjemahkan dan apa saja kesulitan yang dihadapi mereka dalam menerjemahkan phrasal verbs. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan mahasiswa dalam menerjemahkan dan apa saja kesulitan yang dihadapi mahasiswa dalam menerjemahkan phrasal verbs. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah translation test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki tingkat kemampuan menerjemahkan phrasal verbs dengan skor rata-rata 68.1, dan menurut kategori penilaian UNP, itu berada pada level “cukup bagus”. Berdasarkan hasil test mahasiswa dapat dilihat beberapa kesulitan yang dialami mahasiswa dalam menerjemahkan phrasal verbs tersebut. Di antaranya adalah mahasiswa cenderung melakukan proses penerjemahan kata-per-kata dan cenderung mengabaikan partikel atau preposisi yang merupakan bagian penting dari phrasal verbs. Berdasarkan hal di atas, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa pendidikan Bahasa Inggris UNP memiliki tingkat pemahaman yang kurang terhadap phrasal verbs sehingga menyebabkan hasil yang kurang akurat dalam menerjemahkan phrasal verbs tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:14
Last Modified: 14 Nov 2018 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19488

Actions (login required)

View Item View Item