Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Siswa Kelas X dc di SMA Negeri 3 Pariaman

Anggraini, Silvia (2016) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Siswa Kelas X dc di SMA Negeri 3 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_SILVIA_ANGGRAINI_1106084_4160_2016.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas X di SMAN 3 Pariaman terutama dalam mata pelajaran Seni Budaya bidang Seni Rupa. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor seperti kurangnya motivasi siswa di dalam pembelajaran Seni Rupa. Selain itu metode pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga interaksi komunikasi antara guru dengan siswa, dan siswa dengan siswa tidak terbangun secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar Seni Rupa siswa kelas X SMA Negeri 3 Pariaman. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Pariaman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan model eksperimen. instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Jenis instrumen adalah tes tulisan berbentuk objektif dengan pilihan ganda berjumlah 20 soal. Kemudian data diolah dengan menggunakan program SPSS versi 16.00. Hasil penelitian terlihat bahwa siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) memiliki hasil belajar yang tinggi jika dibandingkan dengan siswa pada kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan program SPSS versi 16.00 diperoleh thitung yaitu 5,314 dan ttabel yaitu 2,034 (thitung>ttabel) dengan taraf signifikan 5% (α = 0,05) ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaraan kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berpengaruh positif terhadap hasil belajar Seni Rupa siswa kelas X di SMA Negeri 3 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Oct 2018 08:22
Last Modified: 11 Oct 2018 08:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18329

Actions (login required)

View Item View Item