Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Pariaman

Rahmidawati, Rahmidawati (2016) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_RAHMIDAWATI_1205183_1216_2016.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pariaman. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pariaman. Ketiga, menganalisis hubungan antara keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode analisis deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016, yaitu 196 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan propotional random sampling 10% dari populasi, yaitu 33 orang siswa. Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman sebagai variabel bebas (variabel X) dan keterampilan menulis karangan deskripsi sebagai variabel terikat (variabel Y). Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman dan skor hasil tes keterampilan menulis karangan deskripsi. Data tersebut di peroleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman dan tes unjuk kerja untuk keterampilan menulis karangan deskripsi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan , disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pariaman berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata (74,39). Kedua, keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pariaman berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata (75,38). Ketiga, terdapat hubungan antara keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pariaman pada taraf signifikan 95% dengan derajat kebebasan n-1, yaitu thitung > ttabel (3,04 >2,04) dengan demikian H0 di tolak dan H1 di terima karena hasil pengujian membuktikan bahwa thitung > ttabel. Jadi, disimpulkan bahwa semakin baik keterampilan membaca pemahaman (X) siswa, semakin baik pula keterampilan menulis karangan deskripsi (Y) siswa. Sebaliknya, jika keterampilan membaca pemahaman (X) siswa rendah, keterampilan menulis karangan deskripsi (Y) siswa akan rendah pula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Oct 2018 07:30
Last Modified: 05 Oct 2018 07:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18096

Actions (login required)

View Item View Item