Hubungan Kemampuan Mengapresiasi Fiksi dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota

Fatriona, Nini (2016) Hubungan Kemampuan Mengapresiasi Fiksi dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_NINI_FATRIONA_18216_1452_2015.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut ini. Pertama, mendeskripsikan kemampuan mengapresiasi fiksi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Ketiga, mendeskripsikan hubungan kemampuan mengapresiasi fiksi dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif dengan rancangan (desain) korelasional. Populasi berjumlah 200 orang dan tersebar dalam enam kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang. Data penelitian ini berupa hasil tes objektif berbentuk pilihan ganda untuk tes kemampuan mengapresiasi fiksi yang terdiri atas 30 butir soal. Data keterampilan menulis teks cerpen siswa diperoleh dengan melakukan tes unjuk kerja. Data yang sudah terkumpul dianalisis sesuai indikator untuk mendapatkan skor dan nilai siswa. Berdasarkan penganalisisan data, maka diambil tiga kesimpulan sebagai berikut. Pertama, kemampuan mengapresiasi fiksi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 76,00. Kedua, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 80,96. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan mengapresiasi fiksi dan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa perolehan Thitung5,396> Ttabel 1,70.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Oct 2018 00:26
Last Modified: 05 Oct 2018 00:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18056

Actions (login required)

View Item View Item