Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bukit Sundi

Khairsyah, Hayatul (2015) Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bukit Sundi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_HAYATUL_KHAIRSYAH_5664_2015.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tiga hal berikut. Pertama mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bukit Sundi Kabupaten Solok. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bukit Sundi Kabupaten Solok. Ketiga, menganalisis kontribusi keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bukit Sundi Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Bukit Sundi Kabupaten Solok yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 209 orang dan tersebar dalam 8 kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 40 orang. Penelitian ini terdiri atas dua variabel yaitu keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan menulis teks eksposisi sebagai variabel terikat (Y). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes objektif untuk mengukur tingkat keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dan tes unjuk kerja untuk mengukur tingkat keterampilan menulis teks eksposisi. Data berupa skor keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dan keterampilan menulis teks eksposisi. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bukit Sundi Kabupaten Solok berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC) yaitu (69,09). Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bukit Sundi Kabupaten Solok berada pada kualifikasi lebih dari cukup (70,56). Ketiga, terdapat kontribusi antara keterampilan membaca pemahaman dengan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bukit Sundi Kabupaten Solok pada taraf signifikan 95% dengan derajat kebebasan n-1. Dengan kata lain, keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bukit Sundi Kabupaten Solok. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat kontribusi antara keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bukit Sundi Kabupaten Solok (69,09) dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bukit Sundi Kabupaten Solok (70,56). Kontribusi tersebut terlihat signifikan berdasarkan uji hipotesis, thitung>ttabel yaitu 19,01>2,021. Dengan kata lain, keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bukit Sundi Kabupaten Solok memiliki kontribusi yang signifikan dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bukit Sundi Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Oct 2018 06:40
Last Modified: 04 Oct 2018 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17995

Actions (login required)

View Item View Item