Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility, Diversifikasi Perusahaan, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Yulius, Ananda (2016) Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility, Diversifikasi Perusahaan, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_ANANDA_YULIUS_1202713_2016.pdf

Download (75kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauhmana pengaruh corporate social responsibility, diversifikasi perusahaan dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Variabel bebas adalah corporate social responsibility, diversifikasi perusahaan dan ukuran perusahaan (X) dan variabel terikatnya adalah nilai perusahaan (Y). Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian kausatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang berjumlah 144 perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berdasarkan teknik purposive sampling, maka diperoleh sampel sebanyak 22 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, bersifat kuantitatif dan waktu pengumpulan datanya berdasarkan cross section dan pooling data. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji t statistik dengan tingkat α sebesar 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) corporate social responsibility berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan manufaktur dengan sig = 0,110 (> 0,05), (2) diversifikasi perusahaan (HERFsales) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan manufaktur dengan sig = 0,014 (< 0,05), (3) diversifikasi perusahaan (jumlah segmen) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan manufaktur dengan sig = 0,246 (> 0,05), (4) ukuran perusahaan (jumlah aset) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan manufaktur dengan sig = 0,000 (< 0,05), dan (5) ukuran perusahaan (MVE) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan manufaktur dengan sig = 0,000 (<0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Oct 2018 07:54
Last Modified: 01 Oct 2018 07:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17795

Actions (login required)

View Item View Item