Faisal, Hendra (2014) Kontribusi Motivasi dan Interaksi Guru-Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Audio Video (TAV) pada Mata Pelajaran Teknik Radio di SMK N 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_HENDRA_FAISAL_87667_6130_2014.pdf [thumbnail of B1_5_HENDRA_FAISAL_87667_6130_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_HENDRA_FAISAL_87667_6130_2014.pdf
Download (8MB)
Abstract
Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di SMK Negeri 5 Padang hasil belajar siswa mata pelajaran teknik radio dari kelas XI masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan tidak merata. Persentase hasil belajar tersebut adalah 57,81 % siswa yang berada di bawah KKM dan 42,19 % siswa yang berada di atas KKM. Rendahnya hasil belajar siswa dapat di lihat dari rata-rata nilai MID siswa kelas XI TAV di SMK Negeri 5 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis deskriptif korelasional, dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi variabel (X) terhadap variabel (Y) serta bentuk kontribusi yang terjadi, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi motivasi belajar (X1) dan interaksi guru-siswa (X2) sebagai variabel bebas terhadap hasil belajar (Y) siswa pada mata pelajaran teknik radio kelas XI di SMK N 5 Padang. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI TAV SMK N 5 Padang yang sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji korelasi sederhana dan korelasi ganda. Dari hasil penelitian terlihat bahwa motivasi belajar siswa memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 33,29%, Interaksi guru-siswa memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 12,96% dan Motivasi belajar siswa dan interaksi guru-siswa berkontribusi secara bersama terhadap hasil belajar siswa sebesar 36,24%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa dan interaksi guru-siswa maka hasil belajar yang diperoleh akan semakin baik, begitu juga sebaliknya jika semakin rendah motivasi belajar siswa dan interaksi guru-siswa maka hasil belajar juga akan rendah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KONTRIBUSI MOTIVASI DAN INTERAKSI GURU-SISWA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 07:59 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 08:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15320 |