Pengembangan Modul Pembelajaran Bermuatan Literasi Saintifik Pada Mata Pelajaran Pekerj

Syah, Budiman (2018) Pengembangan Modul Pembelajaran Bermuatan Literasi Saintifik Pada Mata Pelajaran Pekerj. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_BUDIMAN_SYAH_14063050_3091_2018.pdf] Text
B1_03_BUDIMAN_SYAH_14063050_3091_2018.pdf

Download (14MB)

Abstract

Modul merupakan salah satu bahan ajar yang dapat membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Kenyataannya, pada proses pembelajaran keaktifan siswa dan kemampuan saintifik siswa masih rendah. Literasi saintifik bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan saintifik siswa. Tujuan dari penelitian adalah untuk menghasilkan modul pembelajaran bermuatan literasi saintifik yang valid, praktis, dan efektif pada mata pelajaran pekerjaan dasar elektromekanik (PDE) di SMK Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (define, design, develop, dan dessiminate). Subjek penelitian ini adalah modul pembelajaran mengevaluasi pekerjaan elektromekanik untuk komponen kelistrikan dan memodifikasi pekerjaan elektromekanik untuk komponen kelistrikan pada mata pelajaran pekerjaan dasar elektromekanik (PDE). Responden dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PDE dan siswa kelas 1L3 TITL sebagai uji praktikalitas dan uji efektifitas. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar validasi yang diberikan kepada tiga dosen dan satu guru mata pelajaran sebagai validator. Lembar praktikalitas diberikan kepada guru mata pelajaran dan siswa kelas 1L3 TITL sebagai pengguna modul pembelajaran bermuatan literasi saintifik. Pengujian efektivitas modul pembelajaran bermuatan literasi saintifik berupa post test yang diberikan kepada siswa kelas 1L3 TITL. Hasil pengujian validasi modul pembelajaran bermuatan literasi saintifik yaitu validator 1 sebesar 90,66%, validator 2 sebesar 90,66%, validator 3 sebesar 86,66%, dan validator 4 sebesar 89,33% dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktis dari guru 96,19% dengan kategori sangat praktis dan praktis 20 siswa memperoleh rata-rata sebesar 92,5% dengan kategorikan sangat praktis. Hasil uji efektifitas sebesar 90% dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian penelitian ini telah menghasilkan modul pembelajaran bermuatan literasi saintifik mengevaluasi pekerjaan elektromekanik untuk komponen kelistrikan dan memodifikasi pekerjaan elektromekanik untuk komponen kelistrikan pada mata pelajaran pekerjaan dasar elektromekanik (PDE) yang valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran, Literasi saintifik, Pekerjaan dasar elektromekanik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 05 May 2025 04:14
Last Modified: 05 May 2025 04:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9952

Actions (login required)

View Item
View Item