Pohan, Saima Sonang (2023) Partisipasi Belajar Siswa Pasca Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Sosiologi: Studi Kasus Siswa Siswi SMA Negeri 1 Batang Onang Kelas X IPS. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_SAIMA_SONANG_POHAN_18058051_1773_2023.pdf [thumbnail of B1_04_SAIMA_SONANG_POHAN_18058051_1773_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_SAIMA_SONANG_POHAN_18058051_1773_2023.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil nilai siswa yang mengalami penurunan saat pandemic covid 19, sedangkan di sekolah masih tetap menyelenggarakan proses belajar mengajar, bagaimana partisipasi siswa dalam masa pembelajaran pasca daring yang terjadi. Bagaimana mengembangkan kemampuan peserta didik pasca pembelajaran daring agar kembali bersemangat dalam meningkatkan partisipasi belajar mereka. Penelitian ini menggunakan kualitatif tipe studi kasus.Teknik pemilihan informan adalah purposive sampling, yang didasarkan pada kriteria peneliti. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara kepala sekolah, waka kurikulum, 2 guru mata pelajaran sosiologi, 18 siswa, kemudian mengamati kegiatan disekolah seperti di ruangan kelas saat berlangsung pelajaran, di luar kelas dan di lingkungan sekolah dan data terakhir berupa dokumentasi berupa foto, pelajaran dokumen rencana dan sebagainya. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data Miles dan Hubermen yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian tentang partisipasi hasil belajar siswa pasca pembelajaran daring mata pelajaran sosiologi (studi kasus: siswa siswi kelas X SMA N 1 Batang Onang adalah teori behavioristik oleh Throndike. Hasil penelitian yang ditemukan dalam penelitian ini bahwa partisipasi hasil belajar siswa pasca pembelajaran daring sudah lebih baik dalam pembelajaran tatap muka berlangsung di SMA N 1 Batang Onang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Partisipasi, Pembelajaran Pasca Daring, Mata Pelajaran Sosiologi |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 05 May 2025 04:01 |
Last Modified: | 05 May 2025 04:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9926 |