Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Menggunakan Metode Teka Teki Silang pada Anak Berkesulitan Belajar: Single Subject Research di Kelas III SD Negeri 14 Koto Panjang Padang

Pitrianti, Pitrianti (2016) Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Menggunakan Metode Teka Teki Silang pada Anak Berkesulitan Belajar: Single Subject Research di Kelas III SD Negeri 14 Koto Panjang Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_PITRIANTI_54016_1367_2016.pdf] Text
B1_2_PITRIANTI_54016_1367_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di SD Negeri 14 Koto Panjang Padang, seorang anak berkesulitan belajar mengalami masalah berupa rendahnya kemampuan penguasaan kosa kata.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosa kata menggunakan metode teka teki silang pada anak berkesulitan belajar di SD Negeri 14 Koto Panjang Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk single
subject research (SSR) dengan disain A 1-B-A2 dan analisis data penelitian menggunakan teknik analisis visual grafik. Subjek penelitiannya seorang anak kesulitan belajar kelas III SD, anak di minta untuk menulis kosa kata berupa kata
benda, kata kerja dan kata sifat kedalam teka teki silang. Banyak soal yang di berikan 10 buah soal setiap kali pertemuan. Pengukuran variabelnya dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode teka teki silang dapat meningkatkan penguasaan kosa kata pada anak berkesulitan belajar. Ini di buktikan dengan hasil baseline (A1) yang dilakukan sebanyak enam kali
pengamatan, persentase kemampuan penguasaan kosa kata anak tetap pada rentang 40%. Hasil intervensi (B) dengan menggunakan metode teka teki silang yang diberi clue pada awal kata pengamatan dilakukan sebanyak delapan kali
pertemuan, persentase kemampuan penguasaan kosa kata menggunakan metode teka teki silang perolehan nilai bervariasi kemampuan stabil pada pertemuan 12,
13 dan 14 dengan nilai 60%. Baseline (A2) setelah tidak lagi diberikan clue pada awal kata di kolom teka teki dilakukan sebanyak enam kali pengamatan, didapat hasil kemampuan anak dalam penguasaan kosa kata meningkat dan stabil pada
hari pengamatan 18, 19 dan 20 dengan nilai 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan metode teka teki silang dapat meningkatkan kemampuan penguasaan kosa kata pada anak berkesulitan belajar. Peneliti menyarankan pada guru hendaknya dapat menggunakan metode teka teki silang
untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosa kata pada anak kesulitan nbelajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 05 May 2025 02:17
Last Modified: 05 May 2025 02:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9833

Actions (login required)

View Item
View Item