Sari, Marlina Novita (2016) Efektivitas Permainan Scrabble Braille untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris bagi Siswa Tunanetra kelas VIII di SLB A Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_MARLINA_NOPITA_SARI_1200306_4541_2016.pdf [thumbnail of B1_2_MARLINA_NOPITA_SARI_1200306_4541_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_MARLINA_NOPITA_SARI_1200306_4541_2016.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan
di Sekolah Luar Biasa bagian tunanetra yaitu SLB A Payakumbuh. Di sekolah ini
terdapat siswa yang belum mampu berbahasa Inggris dengan baik dikarenakan
penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa masih kurang.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode eksperimen yang
berbentuk Quasi Exsperimental dengan jenis one group pretest-posttest design
dengan sampel lima orang siswa. Nilai dari pretest dan posttest diolah serta
dibandingkan dengan menggunakan uji Mann Whitney.
Hasil penelitian menunjukkan, kemampuan siswa dalam menguasai
kosakata Bahasa Inggris setelah dan sebelum diberikan perlakuan dengan hasil
pretest siswa A dapat menguasai kosakata 68%, siswa B 24, 2%, siswa C 24,2%,
siswa D 7,6% dan siswa E 48% sedangkan hasil posttest siswa A dapat menguasai
92, 2%, siswa B 88, 2%, siswa 55,5%, 48%, 74% . Data diolah agar lebih ilmiah
dengan menggunakan uji Mann Whitney. Diperoleh Uhit = 2,5 dan Utab = 2 dengan
n = 5 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Hipotesis alternatif diterima karena
Uhit ≥ Utab, jadi terbukti bahwa scrabble Braille efektif untuk meningkatkan
penguasaan kosakata pada siswa tunanetra kelas VIII di SLB A Payakumbuh.
Saran dalam penelitian ini agar guru berkenan menggunakan Scrabble Braille
dalam meningkatkan penguasaan kosakata kepada siswa tunanetra.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 02 May 2025 13:17 |
Last Modified: | 02 May 2025 13:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9780 |