Asy Syauqi, Rahmat Fajri (2022) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Peserta Didik. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_Rahmat_Fajri_Asy_Syauqi_18151036_2211_2022.pdf [thumbnail of B1_01_Rahmat_Fajri_Asy_Syauqi_18151036_2211_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_Rahmat_Fajri_Asy_Syauqi_18151036_2211_2022.pdf
Download (1MB)
Abstract
Disiplin merupakan kepatuhan peserta didik dalam mengikuti kegiatan sekolah untuk membantu dalam meningkatkan prestasi belajar dan menunjukkan bahwa mereka memiliki nilai disiplin yang cukup. Proses pembelajaran di SMPN 30 Padang menunjukkan disiplin belajar yang masih rendah ditunjukkan dengan keinginan belajar peserta didik yang masih rendah, kurangnya rasa percaya diri untuk menyelesaikan tugas yang diberikan di depan kelas, tidak percaya juga dengan jawaban sendiri saat menjawab latihan. Kondisi seperti ini menjadi
perhatian, sehingga perlu ditingkatkan dengan memberikan layanan bimbingan kelompok. Layanan bimbingan kelompok salah satu jenis layanan bimbingan dan konseling yang diselenggarakan secara kelompok dengan mengikutkan sejumlah
peserta dalam bentuk kelompok. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik di SMPN 30 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment, bentuk desain quasi experiment yang digunakan yaitu time series. Desain penelitian ini hanya menggunakan satu kelompok saja, sehingga tidak memerlukan kelompok kontrol. Dalam pelaksanaan rancangan ini sebelum diberikan perlakuan pada subjek, terlebih dahulu dilakukan beberapa kali observasi terhadap subjek, sehingga dapat diketahui kecenderungan kelompok, kemudian baru diberikan perlakuan (X). Setelah semua perlakuan selesai, baru dilakukan tes dengan menggunakan instrumen yang sama dengan sebelum diberikan perlakuan. Selanjutnya, untuk mengetahui kecenderungan subyek penelitian sesudah diberikan perlakuan juga dilaksanakan beberapa kali observasi. Hasil disiplin belajar peserta didik menunjukkan terdapat perbedaan yang
signifikan disiplin belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok, hal ini terlihat pada skor rata-rata posttest sebesar 101% naik lebih tinggi dari pada skor rata-rata pretest sebesar 77,9%. Dengan demikian, layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Nurismen Nurismen S.Sos |
Date Deposited: | 02 May 2025 08:04 |
Last Modified: | 02 May 2025 08:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9700 |