Andria, Riry (2015) Meningkatkan Motivasi Belajar Bina Diri Menggosok Gigi Melalui Film pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas I C1: Single Subject Research Kelas I C1 di SLB YPAC Sumbar Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_RIRY_ANDRIA_1100319_3460_2015.pdf [thumbnail of B1_2_RIRY_ANDRIA_1100319_3460_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_RIRY_ANDRIA_1100319_3460_2015.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang nampak di lapangan yaitu seorang
anak tunagrahita sedang kelas I C1 di SLB YPC Sumbar Padang, yang kurang memiliki motivasi
dalam belajar menggosok gigi. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk
membuktikan efektifnya film dalam meningkatkan motivasi anak dalam menggosok gigi bagi
anak tunagrahita sedang kelas I C1 di SLB YPAC Sumbar Padang. Penelitian ini menggunakan
desain A-B dengan metode single subject reaserch (SSR). Target behavior pada penelitian ini
adalah motivasi menggosok gigi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa film efektif dalam meningkatkan motivasi
menggosok gigi bagi anak tunagrahita sedang. Panjang kondisi baseline (A) sebanyak lima kali
pengamatan dan kondisi intervensi (B) sebanyak 6 kali pengamatan. Pada analisis dalam kondidi
dengan kecendrungan stabilitas pada kondisi baseline 20 % dan pada kondisi intervensi 83 %.
Dengan level perubahan pada kondisi baseline 22,85 % dan pada kondisi intervensi 17,14% Pada
analisis antar kondisi dengan jumlah variabel yang dianalisis satu variabel, dengan perubahan
level pada kondisi B/A 25,72 %. Persentase overlape pada kondisi B/A sebesar 0%. Dengan
demikian terbukti bahwa hipotesis Ha diterima, berarti film efektif dalam meningkatkan motivasi
menggosok gigi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 01 May 2025 15:59 |
Last Modified: | 01 May 2025 16:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9573 |