Pengaruh Model Pembelajaran Gal’perin yang dilengkapi Tes Akhir Terhadap Kompetensi Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang Tahun Ajaran 2012/2013

Silvi, Windi (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Gal’perin yang dilengkapi Tes Akhir Terhadap Kompetensi Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang Tahun Ajaran 2012/2013. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_WINDI_SILVIA_04972_673_2014.pdf] Text
B1_3_WINDI_SILVIA_04972_673_2014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar biologi siswa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah kurangnya keaktifan dan motivasi siswa dalam pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran gal’perin yang dilengkapi tes akhir diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran gal’perin yang dilengkapi tes akhir terhadap kompetensi belajar biologi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan The Statistic Group Comparation. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2012/2013. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, dan didapatkan kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data primer berupa tes akhir dalam bentuk tes objektif sebanyak 37 soal. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Berdasarkan uji t, diperoleh t hitung yaitu 2,24 dan t tabel yaitu 1,67, maka t (2,24 > 1,67). Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 72,58 dan kelas kontrol yaitu 67,00 (72,58 > 67,00). Dengan demikian, hipotesis yang dikemukakan yaitu “Penggunaan model pembelajaran gal’perin yang dilengkapi tes akhir dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang” dapat diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran gal’perin yang dilengkapi tes akhir berpengaruh positif terhadap kompetensi belajar biologi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang Tahun Ajaran 2012/2013. hitung > t tabel

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: odel Pembelajaran, Gal’perin, Kompetensi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 01 May 2025 15:46
Last Modified: 01 May 2025 15:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9529

Actions (login required)

View Item
View Item