Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Pecahan dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di Kelas IVB SDIT Masyitah Bukittinggi

Aswati, Nurafni (2019) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Pecahan dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di Kelas IVB SDIT Masyitah Bukittinggi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_NURAFNI_ASWATI_14124076_4035_2019.pdf] Text
B1_01_NURAFNI_ASWATI_14124076_4035_2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya aktivitas mendengar(Listening Activities),aktivitas berbicara (Oral Activities), aktivitas menulis (Writing Activities) dan hasil belajar siswa dalam materi pecahan. Hal ini terlihat pada nilai ulangan harian siswa yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini terjadi karena kurangnya aktivitas belajar dan siswa tidak terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan pembelajaran pecahan dengan menggunakan
pendekatan matematika realistik Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus.Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2018/2019 di kelas IVB SDIT Masyitah Bukittinggi. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan hasil tes.
Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan matematika realistic Indonesia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pecahan di kelas IVB SDIT Masyitah Bukittinggi. Hal ini terlihat dari aktivitas Listening Activities, Oral Activities, dan Writing Activities mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 60% ke siklus II 68% ke siklus III menjadi 86%. Hal yang sama juga terlihat pada hasil belajar siswa siklus I yaitu 65% ke siklus II 79% dan ke siklus III menjadi 90%. Hal ini terjadi karena Listening Activities, Oral Activities, dan Writing Activities dapat meningkatan aktivitas belajar siswa sehingga mudah menguasai dan memahami pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka kesimpulan dari penelitian tindakan kelas menggunaan pendekatan matematika realistik Indonesia dan Listening Activities, Oral Activities, dan Writing Activities pada pembelajaran pecahan
perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Matematika Realistik
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 01 May 2025 15:33
Last Modified: 01 May 2025 15:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9487

Actions (login required)

View Item
View Item