Oktaviani, Ria (2017) Prestasi Belajar Siswa Penggemar K-Pop Studi Kasus: Lima Siswa SMA Penggemar K-Pop di JT Entertainment Ulak Karang Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_RIA_OKTAVIANI_1206057_5419_2017.pdf [thumbnail of B1_04_RIA_OKTAVIANI_1206057_5419_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_RIA_OKTAVIANI_1206057_5419_2017.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan menyebarnya musik K-Pop (Korean Pop) di Kota Padang. Penggemar musik K-Pop membentuk kelompok-kelompok dance cover, salah satunya adalah komunitas JT Entertaiment. Di Komunitas JT Entertaiment terdapat 5 orang siswa yang memiliki prestasi di JT Entertaiment dan prestasi pendidikan, tidak hanya prestasi JT Entertaiment saja namun peneliti ingin melihat prestasi belajar penggemar K-Pop di JT Entertaiment. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan faktor prestasi belajar Siswa SMA anggota JT Entertaiment di sekolah. Penelitian ini dianalisis dengan teori kebutuhan dari David C. McClelland, yang menggungkapkan bahwa hubungan dengan Teori kebutuhan berhubung dengan motivasi yang tinggi, apabila dia mempunyai keinginan untuk berprestasi lebih baik dari pada yang lain dalam mengikuti kelompok K-Pop maka punya hubungan dengan prestasi yang semakin meningkat, atau bahkan ada siswa yang dahulu tidak memil iki prestasi, semenjak memasuki K-Pop berprestasi yang cukup signifikan. Artinya ada hal-hal yang membuat siswa memiliki prestasi di sekolah semenjak memas uki komunitas K-Pop. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus intrinsik. Pemilihan informan secara purposive sampling sebanyak 27 orang, terdiri dari 5 orang siswa anggota JT Entertaiment, 5 orang guru dari anggota JT Entertaiment , 5 orang tua, 2 orang saudara dari anggota, 8 orang anggota JT Entertaiment dan 1 pendiri Komunitas JT Entertaiment dan 1 orang pembina Komunitas JT Entertaiment. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis dengan teknik model analisis interaktif Miles dan Huberman dengan menggunakan langkah-langkah penelitian yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan faktor meningkatnya prestasi belajar kelompok K-Pop oleh kelompok dance cover dalam komunitas JT Entertainment di Kota Padang pertama (a.) dikomunitas JT Entertaiment yaitu adanya (1.) Mentor Mata pelajaran (2.) class/kelompok diskusi (3.) class bahasa. Kedua yaitu (b) sekolah yang terdiri dari (1) kelas. (2) ekstrakulikuler (3) bimbel (c) keluarga, (d) individu, lebih percaya diri, memiliki daya saing.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar Siswa, K-Pop, JT Entertaiment |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 01 May 2025 14:52 |
Last Modified: | 01 May 2025 14:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9447 |