Gambaran Aktivitas Belajar Sejarah Siswa Kelas X1 SMA Kartika 1-5 Padang

Darwen, Andika (2016) Gambaran Aktivitas Belajar Sejarah Siswa Kelas X1 SMA Kartika 1-5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_ ANDIKA_DARWEN_ 55217_6230_2016.pdf] Text
B1_2_ ANDIKA_DARWEN_ 55217_6230_2016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah terutama di kelas X1 SMA Kartika 1-5 Padang. Hal ini dapat dilihat dari minimnya usaha-usaha yang dilakukan siswa dalam setiap kegiatan belajar.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berbagai usaha dalam kegiatan belajar yang belum maksimal sekaligus menemukan penyebab dari belum maksimalnya usaha-usaha tersebut. Penelitian ini dilakukan selama proses belajar mengajar berlangsung di kelas X1.
Penelitian ini termasuk pada penelitian studi evaluatif dimana data dikumpulkan untuk melihat dan memahami kenyataan yang ada dilapangan. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi terhadap sejumlah aktivitas siswa dalam kegiatan-kegiatan belajar yang meliputi kegiatan turut serta dalam melaksanakan tugas belajarnya, terlibat dalam pemecahan masalah, bertanya kepada siswa lain atau kepada guru apabila tidak memahami persoalan yang dihadapi, berusaha mencari berbagai informasi yang diperlukan untuk pemecahan masalah, melaksanakan diskusi kelompok sesuai dengan petunjuk guru, menilai kemampuan dirinya dan hasil-hasil yang diperolehnya, melatih diri dalam memecahkan soal atau masalah sejenis, kesempatan menerapkan apa yang telah diperolehnya dalam menyelesaikan tugas atau persoalan yang dihadapinya. Selain itu juga dilakukan wawancara serta dilengkapi dengan studi dokumen. Agar data dalam penelitian ini dapat dipercaya, maka digunakan triangulasi data. Objek penelitian adalah siswa kelas X1 yang berjumlah 22 orang serta guru bidang studi sejarah di kelas tersebut.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwadari beberapa aktivitas belajar yang diteliti di kelas X1, aktivitas siswa dalam kegiatanterlibat dalam pemecahan masalah, bertanya kepada siswa lain dan guru, melatih diri dalam memecahkan soal dan menerapkan apa yang telah diperoleh dalam menyelesaikan tugas atau persoalan yang dihadapinya bertanya dan menanggapi pertanyaan merupakan aktivitas yang belum maksimal. Faktor yang mempengaruhi belum maksimalnya aktivitas siswa dalam kegiatan tersebut adalah adanya sifat malas dari dalam diri siswa untuk belajar sejarah karena mereka hanya menganggap pelajaran sejarah sebagai pelajaran yang membosankan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: AKTIVITAS BELAJAR SEJARAH
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 01 May 2025 14:48
Last Modified: 01 May 2025 14:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9434

Actions (login required)

View Item
View Item