Rozalita. AR, Novi (2022) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Sangir. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_NOVI_ROZALITA_AR_18147010_4334_2023.pdf [thumbnail of B1_01_NOVI_ROZALITA_AR_18147010_4334_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_NOVI_ROZALITA_AR_18147010_4334_2023.pdf
Download (1MB)
Abstract
Proses pendidikan merupakan kegiatan memobilisasi segenap komponen dalam pencapaian tujuan pendidikan dengan tindakan yang dinamis. Guru merupakan salah satu komponen pendidikan yang dituntut selalu meningkatkan kinerjanya dalam pencapaian tujuan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah
untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kinerja guru SMPN di Kecamatan Sangir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenisnya korelasional, yang berguna untuk menganalisis pengaruh antara satu variabel dengan beberapa variabel lainnya. Sampel penelitian ini terdiri dari 44 orang guru. Pengambilan sampel menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Alasan pemilihan teknik ini adalah dengan pertimbangan untuk memberi kesempatan yang sama kepada setiap anggota strata populasi untuk terpilih menjadi sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, untuk mengukur variabel kinerja guru, kepemimpinan kepala sekolah, dan iklim sekolah. Kuisioner terdiri dari pernyataan-pernyataan dengan lima alternative jawaban, yaitu: selalu, sering, kadang-kadang, jarang, dan tidak pernah. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala Likert. Analisis data dengan menggunakan teknik regresi liner sederhana dan regresi liner berganda. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru SMP Negeri Kecamatan Sangir sebesar 17,1%, dengan persamaan
regresi Y = 58,366 + 0,324X. Hal ini berarti bahwa semakin baik kepemimpinan kepala sekolah maka kinerja guru semakin baik pula. (2) Iklim sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru SMP Negeri Kecamatan Sangir sebesar 15,4%, dengan persamaan regresi Y = 65,662 + 0,225X. Hal ini
berarti bahwa semakin baik iklim sekolah memberikan pengaruh terhadap semakin baiknya kinerja guru. (3) Kepemimpinan kepala sekolah dan Iklim sekolah secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap sebesar 24,8%, dengan persamaan regresi Y = 47,527 + 0,253X1 + 0,168X2. Hal ini menjelaskan
semakin baiknya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah berdampak terhadap semakin baiknya kinerja guru dalam melaksanakan tugas sesuai dengan bidang masing-masing.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepala Sekolah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Nurismen Nurismen S.Sos |
Date Deposited: | 01 May 2025 14:34 |
Last Modified: | 01 May 2025 14:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9389 |