Firdianza, Oldy (2022) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kincir Pintar bagi Anak Tunagrahita Ringan: Single Subject Research kelas VI di SLB N 1 Ranah Pesisir. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_Oldy_Firdianza_17003098_743_2022.pdf [thumbnail of B1_2_Oldy_Firdianza_17003098_743_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_Oldy_Firdianza_17003098_743_2022.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kincir Pintar Bagi Anak Tunagrahita Ringan ( Single Subject Research kelas VI di SLB N 1 Ranah Pesisir ). Peneliti melakukan pengamatan pada
satu kelas VIC terlihat ada seorang siswa berinisian SM yang masih kesulitan dalam membaca. Seperti membaca teks narasi “benda-benda disekitar”, berawalan huruf “a”yang mana terdiri dari kata apel, atap, apar, dan lain. Agar siswa bisa membaca, maka dimulai dari membaca suku kata berpola VK-VK(vokal konsonan-vokal konsonan) terlebih dahulu.
Penelitian ini adalah penelitian SSR (Single Subject Research) atau penelitian subjek tunggal, dengan menggunakan desain A-B-A. Kondisi baseline awal (A1) yaitu kemampuan membaca permulaan subjek belum diberikan perlakuan. Kondisi intervensi (B) pada kondisi ini subjek diberikan perlakuan dengan menggunakan media kincir pintar. Dan baseline akhir (A2) kemampuan subjek setelah diberikan perlakuan atau
intervensi. Target behavior pada penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan suku kata berpola VK-VK (vokal konsonan-vokal konsonan). Teknik analisi data dalam
penelitian ini menggunakan anlisis visual dan grafik (Visual Analisis Of Grafic Data).Pada kondisi baseline awal (A1) kondisi awal membaca permulaan suku kata berpola VK-VK (vokal konsonan-vokal konsonan) dengan mean level 0, kondisi
intervensi (B) mean level 80 dan pada kondisi baseline akhir (A2) dengan mean level 80. Hasil analisi data dalam kondisi dan antar kondisi memiliki estimasi kecenderungan
arah, kecenderungan stabilitas, jejak data dan perubahan level yang menunjukkan peningkatan membaca permulaan suku kata berpola VK-VK (vokal konsonan-vokal
konsonan) menggunakan media kincir pintar yaitu meningkat atau positif dengan persentase kecenderungan stabilitas 100%. Persentase overlap data pada kondisi baseline awal (A1) 12%, dan kondisi baseline akhir (A2) 12%. Dengan hasil yang didapatkan media kincir pintar dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kincir Pintar Bagi Anak Tunagrahita Ringan ( Single Subject Research
kelas VI di SLB N 1 Ranah Pesisir ). Peneliti merekomendasikan kepada guru menggunkan media kincir pintar untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak
tunagrahita ringan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 01 May 2025 13:14 |
Last Modified: | 01 May 2025 13:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9316 |