Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Pendekatan Kontekstual pada Kelas VIII 1 SMP Negeri 2 Kecamatan Payakumbuh

Nasputra, Nasputra (2011) Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Pendekatan Kontekstual pada Kelas VIII 1 SMP Negeri 2 Kecamatan Payakumbuh. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_NASPUTRA-10174-2011.pdf] Text
B1_NASPUTRA-10174-2011.pdf

Download (234kB)

Abstract

Pembelajaran matematika yang dilaksanakan di sekolah bersifat monoton dan satu arah. Guru satu – satunya sumber ilmu pengetahuan, siswa menganggap guru tak pernah salah , siswa selalu menunggu yang akan disampaikan guru sebagai sumber ilmu pengetahuan yang didapatnya, guru memberi informasi sedangkan siswa menerima apa adanya. Akibat pembelajaran yang seperti itu dan anggapan siswa yang kurang baik maka akhirnya pembelajaran membosankan, guru pasti tak sanggup memberikan ilmu secara maksimal pada siswa , siswa tak bergairah dalam belajar, siswa tak mau membuat PR, siswa malas bertanya, siswa tidak aktif, hasil belajar matematika siswa rendah. Sehingga timbul anggapan bahwa matematika sulit, banyak rumus dan teoritis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah jka pembelajaran diberikan dengan pendekatan kontekstual maka dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan model siklus yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Tagart, yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Untuk mengatasi masalah di atas dilakukan suatu metode tindakan yang bersifat inovatif dalam proses pembelajaran, salah satunya dengan penerapan pendekatan kontekstual. Tindakan ini akan dilakukan pada klas VIII 1 SMP Negeri 2 Kec. Payakumbuh dengan jumlah siswa 20 orang pada tahun ajaran 2009 / 2010. Dari analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dapat dikatakan bahwa pembelajaran matematika yang dilaksanakan dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Hal ini terlihat, bahwa nilai rata – rata siswa 90,04 .

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, Pendekatan Kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 01 May 2025 13:05
Last Modified: 01 May 2025 13:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9268

Actions (login required)

View Item
View Item