Hendrayeni, Hendrayeni (2015) Persepsi Siswa tentang Bimbingan Belajar yang Diberikan Guru BK dalam Mengatasi Kesulitan Belajar yang Dialami oleh Siswa di SMPN 8 Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_HENDRA_YENI_19147_819_2016 1.pdf [thumbnail of B1_1_HENDRA_YENI_19147_819_2016 1.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_HENDRA_YENI_19147_819_2016 1.pdf
Download (7MB)
Abstract
Guru BK sebagai tenaga profesional dipersiapkan untuk membantu siswa dalam
mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa. Secara umum penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap kemampuan dan materi
bimbingan belajar yang diberikan guru BK dalam mengatasi kesulitan belajar yang
dialami oleh siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif. Penelitian
dilakukan terhadap siswa SMPN 8 Pekanbaru pada kelas VII, VIII, dan IX yang
mengalami kesulitan dalam belajar sebanyak 289 siswa,yang dipilih dengan teknik
sampling jenuh, dalam artian semua populasi dijadikan sampel penelitian. Instrumen
yang digunakan adalah angket tertutup dengan mengunakan model skala Likert. Data
yang diperoleh dianalisis berdasarkan skor rata-rata.
Temuan dari penelitian ini adalah: (1) persepsi siswa tentang kemampuan guru
BK dalam hal mengatasi kesulitan belajar berada pada kategori cukup. Dilihat pada
indikator yaitu indikator guru BK memahami masalah yang harus diselesaikan berada
pada kategori cukup, indikator guru BK memahami siswa dengan baik berada pada
kategori cukup, dan indikator guru BK dapat mengkomunikasikan perhatiannya dan
peka terhadap kebutuhan siswa berada pada kategori baik; (2) persepsi siswa tentang
materi bimbingan belajar yang diberikan oleh guru BK berada pada kategori cukup.
Di lihat pada indikator yaitu indikator materi bimbingan belajar yang diberikan guru
BK up to date berada pada kategori baik , indikator materi bimbingan yang diberikan
guru BK disesuaikan dengan kebutuhan siswa serta memanfaatkan media dan metode
yang tepat berada pada kategori cukup, dan indikator materi bimbingan belajar yang
diberikan guru BK mampu memecahkan masalah belajar siswa berada pada kategori
cukup .
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERSEPSI, KEMAMPUAN GURU BK, MATERI BIMBINGAN BELAJAR |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 01 May 2025 13:02 |
Last Modified: | 01 May 2025 13:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9247 |