Syarifuddin, Amir (2016) Pelaksanaan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA N 2 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_ AMIR_SYARIFUDDIN_55197_5952_2016.pdf [thumbnail of B1_2_ AMIR_SYARIFUDDIN_55197_5952_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_ AMIR_SYARIFUDDIN_55197_5952_2016.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataaan di sekolah bahwa guru dalam proses pembelajaran kurang membimbing siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran, kurang bervariasi dalam menggunakan strategi pelajaran dan dominan menggunakan metode ceramah, peserta didik masih merasakan bahwa pembelajaran sejarah adalah pembelajaran yang tidak terlepas dari pembelajaran yang bersifat hafalan, guru cendrung menggunakan alat peraga yang telah disediakan sekolah, dan anggapan peserta didik yang bahwa pelajaran sejarah itu adalah pelajaran yang susah dan membosankan. Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, maka yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini secara umum adalah “Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA N 2 Payakumbuh?”. Tujuan penelitian ini meliputi beberapa aspek yaitu: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Aktif pada mata pelajaran sejarah. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Inovatif pada mata pelajaran sejarah. 3) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Kreatif pada mata pelajaran sejarah. 4) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Efektif pada mata pelajaran sejarah. 5) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Menyenangkan pada mata pelajaran sejarah.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru sejarah, peserta didik dan waka kurikulum di SMA N 2 Payakumbuh. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data atau keakuratan data dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan teknik triagulasi data. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan interaktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran Aktif sudah dilaksanakan dengan Baik. Guru telah melibatkan semua aspek pembelajaran seperti, siswa dan sumber belajar serta pembelajaran yang lebih memusatkan pada aktifitas peserta didik. 2) Pelaksanaan pembelajaran Inovatif telah dilaksanakan dengan penggunaan teknologi pada mata pelajaran sejarah. 3) Pelaksanaan pembelajaran Kreatif telah memanfaatkan lingkungan yang ada di sekeliling peserta didik dengan Baik. 4) Pelaksanaan pembelajaran dapat dikatakan Efektif karena sudah mencapai tujuan pembelajaran dan melakukan evaluasi untuk melihat ketercapaian tujuan. 5) Pelaksanaan pembelajaran yang Menyenangkan telah berhasil dilaksanakan dengan Baik. Situasi yang nyaman, aman dan menyenangkan yang menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik dipadukan dengan permainan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN AKTIF |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 01 May 2025 12:59 |
Last Modified: | 01 May 2025 12:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9237 |