Putri, Oktri Diyana (2019) Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Anak Autisme Kelas VIII di SLB YPPLB Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_OKTRI_DIYANA_PUTRI_15003173_5848_2019.pdf [thumbnail of B1_2_OKTRI_DIYANA_PUTRI_15003173_5848_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_OKTRI_DIYANA_PUTRI_15003173_5848_2019.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberhasilan siswa saat belajar dengan guru Y yang berhasil membimbing siswa hingga berprestasi dalam membaca cepat dan menulis sinopsis pada tahun lalu. Keberhasilan itu terbukti dengan adanya hasil karya siswa pada saat mengikuti lomba literasi kategori membuat sinopsis. Namun guru X yang mengajar siswa pada tahun ini mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia dikarenakan siswa yang guru X ajar
sangat beragam. Siswa beragam dari segi perilaku dan jenjang pendidikan yaitu terdiri dari siswa autisme kelas II, VII, VIII, dan X. Penelitian ini menggambarkan bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia yang dilakukan oleh guru X pada kelas VIII di SLB YPPLB Padang dan kendala apa yang dialami oleh guru X pada saat mengajar serta
bagaimana usaha guru X dalam mengatasi kendala tersebut. Dengan menggunakan metode studi kasus dan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini dapat difokuskan pada pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia yang dilakukan oleh guru X sebagaimana adanya. Guru X merupakan responden dari penelitian ini. Proses pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 03:22 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 03:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9194 |