Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SD Negeri 16 Seberang Padang Utara

Rahni, Arisfa (2018) Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SD Negeri 16 Seberang Padang Utara. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_ARISFA_RAHNI_1304775_1404_2018.pdf] Text
B1_03_ARISFA_RAHNI_1304775_1404_2018.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembinaan karakter pada peserta didik di usia sekolah dasar, termasuk pada pelaksanaan pendidikan karakter yang ada di SD Negeri 16 Seberang Padang Utara. Dimana siswa belum sanggup menerap nilai dan norma kedalam kepribadiannya, dan lingkungan sekolah yang berada dalam satu kawasan dengan sekolah lainnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) pelaksanaan pendidikan karakter di SD Negeri 16 Seberang Padang Utara, (2) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan karakter di SD Negeri 16 Seberang Padang Utara, dan (3) upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan karakter di SD Negeri 16 Seberang Padang Utara. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif deskriptif. Tenik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menata dan menelaah secara sistematis semua data yang diperoleh. Untuk memperoleh keabsahan data dilakukan perpanjangan keikutsertaan peneliti, triangulasi, menggunaan bahan referensi dan audit bersama dosen pembimbing. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik di SD Negeri 16 Seberang Padang Utara. Hasil penelitian ini diperoleh: (1) pelaksanaan pendidikan karakter di SD Negeri 16 Seberang Padang Utara dilakukan dalam (a) pembelajaran terkait dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran, (b) budaya sekolah dimana menerapkan pembiasaaan melalui kegiatan yang dilaksankan, (c) penanaman nilai karakter pada kegiatan pengembangan diri, (2) kendala yang dihadapi adalah kurangnya dukungan dari orang tua dan lingkungan sekitar peserta didik, dan dipengaruhi oleh keadaan ekonomi keluarga peserta didik. Kurangnya kesadaran dan kepedulian peserta didik dan kurangnya sarana dan prasarana, (3) upaya yang dilakukan yaitu, wali murid dan guru lebih meningkatkan lagi pengawasan dan bimbingan terhadap peserta didik. Berbagai program dan bantuan pemberian dana yang diberikan pemerintah. Upaya kurangnya sarana mengkonsisikannya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Pendidikan karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 29 Apr 2025 22:44
Last Modified: 29 Apr 2025 22:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9130

Actions (login required)

View Item
View Item