Pratama, Arif Afis (2017) Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya (Seni Tari) Kelas XI SMA N1 Nan Sabaris. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_ARIF_AFIS_PRATAMA_17224_3887_2017.pdf [thumbnail of B1_03_ARIF_AFIS_PRATAMA_17224_3887_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_ARIF_AFIS_PRATAMA_17224_3887_2017.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA N 1Nan Sabaris. Beberapa masalah yang diidentifikasi mempengaruhi hasil belajar diantaranya metode yang digunakan guru dalam pembelajaran seni budaya masih bersifat konvensional sehingga membuat siswa kurang termotivasi dalam belajar. Aktivitas siswa dalam pembelajaran seni budaya masih rendah. disebabkan karena siswa kurang memperhatikan guru dan kurangnya minat siswa dalam pembelajaran.. Hal ini berakibat pada rendahnya Pencapaian hasil belajar disebabkan upaya menciptakan pembelajaran seni budaya masih belum efektif. Berdasarkan permasalahan dan tujuan yang telah dikemukakan di atas, maka jenis penelitian ini adalah Quasy Experiment (Eksperimen semu). Penelitian ini menggunakan dua kelas sampel, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPS 2 yang berjumlah 35 orang siswa sebagai kelas kontrol dan XI IPS3 yang berjumlah 35 orang siswa sebagai kelas eksperimen. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa menggunakan media Pembelajaran video (78,27) lebih tinggi, dari pada nilai rata rata hasil belajar siswa yang menggunakan media konvensional (68,61). Dari uji homogenitas dengan F hitung 1,03 dan F tabel 1,77, jadi F hitung< F tabel. Hal ini berarti data bervarians homogen. Untuk perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung>ttabel yaitu (4,51 > 1,49) ini menyatakan bahwa terdapat perbedaan terhadap hasil belajar siswa menggunakan media video pada kelas eksperimen dengan kelas yang menggunakan media konvensional sebagai media pembelajaran pada Kelas kontrol. Dapat dikatakan bahwa penggunaan media video berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Seni Budaya
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media video |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 22:32 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 22:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9092 |