Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP.

Viga, Viga (2021) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_Viga_17004158_358_2022.pdf] Text
B1_3_Viga_17004158_358_2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan multimedia interaktif dilatar belakangi karena belum tersedianya media pembelajaran yang dapat digunakan oleh peserta didik secara mandiri dalam proses pembelajaran secara daring dan luring, sehingga mengakibatkan rendahnya perhatian peserta didik dalam proses pembelajaran. Selain itu fasilitas teknologi kurang dimanfaatkan dalam proses pembelajaran di sekolah oleh guru. Oleh sebab itu, tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis articulate storyline pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan penelitian, yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi yang terdiri dari lembar validasi materi, lembar validasi media, serta angket respon dari peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 15 orang peserta didik di kelas VIII SMP N 1 Lengayang, kecamatan lengayang. Berdasarkan hasil penilaian uji kelayakan oleh validator materi dan validator media, diperoleh hasil validasi dari validator materi 1 dengan rata-rata 4,77 dikategorikan sangat baik. Hasil validasi dari validator materi 2 dengan rata-rata 4,83 dengan kategori sangat baik. Hasil validasi dari validator media 1 dengan ratarata 4,94 dengan kategori sangat baik. Hasil validasi dari validator media 2 diperoleh rata-rata sebesar 4,86 dengan kategori sangat baik. Hasil uji praktikalitas diperoleh rata-rata 4,80 dengan kategori sangat praktis. Hasil uji validitas dan praktikalitas yang dilakukan, didapatkan kesimpulan bahwa multimedia interaktif berbasis articulate storyline pada mata pelajaran IPS kelas VIII valid dan praktis digunakan pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Multimedia interaktif, articulate storyline, mata pelajaran IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 29 Apr 2025 04:50
Last Modified: 29 Apr 2025 04:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8927

Actions (login required)

View Item
View Item