Hartini, Hartini (2011) Kesiapan Siswa dalam Menghadapi Ujian Nasional: Studi di SMA Negeri Kab. Rejang Lebong. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_HARTINI_51380_3038_2012.pdf [thumbnail of B1_1_HARTINI_51380_3038_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_HARTINI_51380_3038_2012.pdf
Download (160kB)
Abstract
Proses pembelajaran yang dilalui oleh siswa pada satuan jenjang pendidikan bertujuan
untuk memperoleh berbagai pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan tuntutan
kurikulum yang ada. Untuk melihat keberhasilan penguasaan materi dan proses pembelajaran
yang sudah ditempuh maka dilakukan ulangan atau ujian, dalam bentuk ujian harian, semesteran
dan ujian nasional. Dalam menghadapi ujian siswa sering menunjukkan sikap cemas, gelisah dan
takut yang dapat mengakibatkan siswa tidak dapat mencapai ketuntasan belajar minimal
sehingga siswa tidak naik kelas bahkan tidak lulus syarat untuk penyelesaian satuan jenjang
pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan siswa dalam menghadapi ujian
nasional dari aspek kesiapan fisik dan psikologis, upaya penguatan materi pelajaran/ujian,
kualitas penguasaan materi pelajaran/ujian, pemahaman tentang tehnis pelaksanaan UN dan
mengungkapkan perbedaan kesiapan siswa dalam menghadapi UN pada siswa dalam variabel
jurusan dan status sekolah.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan populasi seluruh SMA Negeri di kabupaten
Rejang Lebong yaitu terdiri dari 6 sekolah dan 12 kelas karena masing-masing sekolah di ambil
1 kelas pada siswa jurusan IPA dan IPS dengan mengunakan tehnik cluster random sampling
dengan jumlah sampel 345 orang. Analisis data adalah analisis dengan mengunakan tehnik
prosentase dan komparasi dengan menggunakan program SPSS versi 17.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : kesiapan siswa dalam menghadapi ujian nasional
secara keseluruhan sudah cukup baik karena skor kesiapan tertinggi pada mutu cukup baik
mencapai 38,84%. apabila ditelusuri lebih lanjut capaian setiap indikator diperoleh (1) Kesiapan
fisik siswa dalam menghadapi ujian sudah cukup baik karena sudah mencapai 35,7%, (2)
Kesiapan psikologis siswa dalam menghadapi ujian nasional sudah cukup baik karena sudah
mencapai 43,77% (3) upaya penguatan penguasaan materi pelajaran sudah cukup baik karena
sudah mencapai 42,32% (4) Kualitas penguasaan materi sudah cukup baik karena sudah
mencapai 50,73% (5) Pemahaman tehnis ujian diperoleh sudah baik karena sudah mencapai
35,94%. Sedangkan hasil penelitian untuk mengungkapkan perbedaan kesiapan siswa jurusan
IPA/IPS dan akreditasi sekolah A/B menujukkan (1) Tidak terdapat perbedaan yang
signifikan/kecenderungan sama kesiapan siswa jurusan IPA dan IPS dalam menghadapi ujian
nasional (2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan/kecenderungan sama kesiapan siswa dari
sekolah akreditasi A dengan siswa yang berasal dari sekolah berakreditasi B.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kesiapan siswa dalam
menghadapi ujian nasional sudah cukup baik dan tidak adanya perbedaan kesiapan dalam
menghadapi ujian nasional pada siswa dalam variabel jurusan dan status sekolah dengan hasil
demikian disarankan agar kondisi yang sudah cukup baik dipertahankan melalui sikap dan upaya
yang sungguh-sungguh sehingga kesiapan fisik, psikologis serta materi pelajaran semakin
mantap
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 02:45 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 02:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8823 |