Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Aplikasi Powtoon Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VII di SMP

Fitri, Annisa (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Aplikasi Powtoon Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VII di SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_Annisa_Fitri_18004153_5879_2022.pdf] Text
B1_03_Annisa_Fitri_18004153_5879_2022.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan disekolah,beberapa fakta dan temuan dilapangan berdasarkan observasi dan pengalaman peneliti di SMP N 1 V Koto Kampung Dalam, antara lain: 1) pelaksanaan kegiatan pembelajaran didominasi guru dengan metode ceramah, 2) hasil belajar siswa rata-rata kelas masih dibawah KKM, 3) sumber belajar berupa buku paketsebagai sarana belajar 4) materi “Klasifikasi Makhluk Hidup” memiliki cakupandan kedalaman yang luas serta kompleks selain itu materi tersebut memilikitingkat kesulitan yang cukup tinggi untuk dipahami jika tidak divisualisasikan dengan tepat dan praktis, 5) belum efektifnya penggunaan media pembelajaran digital pada saat proses pembelajaran IPA Terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran pada mata pelajaran IPA Terpadu kelasVII SMP yang valid, praktis, dan efektif.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D), menggunakan model pengembanganBorg and Gall yang bersifat prosedural dan disederhanakan sesuai dengankebutuhan penelitian. Uji validitas produk dilakukan oleh 4 validator yaitu 2orang validator ahli materi di SMPN 1 V Koto Kampung Dalam dan 2 orang validator ahli media dosen jurusan KTP FIP UNP. Uji coba produk dilakukankepada 30 orang siswa kelas VII di SMPN 1 V Koto Kampung Dalam dengantujuan untuk mengetahui kepraktisan dan efektifitas produk yang dikembangkan.Pengembangan media video animasi pembelajaran yang hasilpenilaiannya dari 2 validator materi dan media, masing-masing sudah dikategorikan “sangat valid”, yang mana mendapatkan nilai 4,8 untuk materi, dan4,84 untuk media, namun terdapat beberapa revisi pada materi serta media. Hasilanalisis uji coba kepraktisan memperoleh nilai rata-rata 4,84 sehingga produ kmedia pembelajaran berada pada kategori “Sangat Praktis”. Uji efektifitas yangtelah dilakukan menunjukkan t hitung > t tabel sehingga menunjukkan perbedaanyang lebih tinggi secara signifikan antara pretest dan posttest. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk ini efektif dan dapat digunakan. Berdasarkan hasil ujivaliditas, praktikalitas, dan efektifitas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang di hasilkan ini layak sehingga dapat digunakan pada matapelajaran IPA Terpadu di SMP. Media pembelajaran ini juga dapat meningkatkan hasil belajar, terbukti hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari skor pretestke postest.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Video animasi pembelajaran, Aplikasi powtoon
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:36
Last Modified: 28 Apr 2025 08:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8708

Actions (login required)

View Item
View Item