Herdiani, Tifani (2015) Efektifitas Media Model dalam Meningkatkan Kemampuan Memasang Pakaian Dalam pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas X C1 di SLB Wacana Asih Padang: Single Subject Research. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_TIFANI_HERDIANI_1105310_3575_2015.pdf [thumbnail of B1_2_TIFANI_HERDIANI_1105310_3575_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_TIFANI_HERDIANI_1105310_3575_2015.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di SLB Wacana Asih Padang, seorang anak tunagrahita sedang kelas X C1 mengalami masalah dalam memasang pakaian dalam. Dari hasil identifikasi dan asesmen terlihat anak kesulitan dalam memasang pakaian dalam. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektifitas media model dapat meningkatkan kemampuan memasang pakaian dalam pada anak tunagrahita sedang kelas X C1 di SLB Wacana Asih Padang. Jenis penelitian yang peneliti gunakan yaitu eksperimen dengan metode Single Subject Research (SSR), dengan desain A-B-A dan teknis analisis data menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian ini adalah anak tunagrahita sedang kelas X C1, yang mana anak diminta melakukan enam belas kegiatan memasang pakaian dalam setiap kali pengamatan. Penilaian dalam penelitian ini diukur dengan persentase. Pada kondisi baseline (A1) pengamatan dilakukan enam kali dengan mean level 39,6 kecenderungan arah meningkat (+), kondisi intervensi (B) pengamatan dilakukan tujuh kali dengan mean level 78,2 kecenderungan arah meningkat (+), dan kondisi baseline (A2) pengamatan dilakukan enam kali dengan mean level 91,5 kecenderungan arah juga meningkat (+). Targer behavior memiliki overlap data pada kondisi baseline (A1) dan intervensi (B) adalah 0%, dan overlap data fase baseline (A2) dan intervensi (B) adalah 14,28%, ini menunjukkan semakin kecil persentase overlape maka semakin baik pengaruh intervensi terhadap perubahan target behavior dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media model efektif meningkatkan kemampuan memasang pakaian dalam pada anak tunagrahita sedang kelas X C1 di SLB Wacana Asih Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Model, Kemampuan Memasang Pakaian Dalam, Anak Tunagrahita Sedang |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:32 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8686 |