Hubungan Literasi Informasi dengan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X MIPA SMAN 2 Painan

Wulandari, Ratri Pradinda (2022) Hubungan Literasi Informasi dengan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X MIPA SMAN 2 Painan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RATRI_PRADINDA_WULANDARI_16031110_744_2022.pdf] Text
B1_3_RATRI_PRADINDA_WULANDARI_16031110_744_2022.pdf

Download (4MB)

Abstract

Di Indonesia, peserta didik dalam proses pembelajaran memiliki kemampuan untuk menghafal dan mengingat informasi tanpa adanya pemahaman terhadap informasi tersebut serta mengaitkan materi dengan kehidupan seharihari. Literasi Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) menjadi faktor penting dalam pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi Covid-19. Kompetensi dan literasi dalam menggunakan komputer dan berselancar di dunia maya menjadi keterampilan dasar yang diperlukan dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Upaya untuk meningkatkan literasi informasi harus didukung dengan ketersediaan sarana teknologi informasi (internet) serta perpustakaan yang tentunya sudah ada di setiap institusi pendidikan yang harus terus dikembangkan dan benar-benar dimanfaatkan secara optimal. Namun, di beberapa sekolah salah satunya di SMAN 2 Painan, ketersediaan sarana teknologi informasi belum optimal dimanfaatkan untuk menunjang proses belajar mengajar salah satunya dalam pembelajaran biologi. Tujuan pada penelitian adalah untuk mengetahui hubungan literasi informasi dengan hasil belajar biologi peserta didik kelas X MIPA SMAN 2 Painan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan pada semester Juli-Desember 2021 di SMAN 2 Painan. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling, dengan cara mengambil delapan kelas dari kelas X MIPA 1 - X MIPA 8. Sampel berjumlah 288 orang peserta didik. Penelitian ini adalah angket literasi informasi, pada hasil penelitian di lakukan perhitungan distribusi skor literasi informasi, analisis normalitas data dan analisis korelasi menggunakan uji spermen renk. Selanjutnya dilakukan pengujian keberartian korelasi dengan menggunakan rumus t. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka didapatkan hubungan yang tidak berarti antara literasi informasi dengan hasil belajar biologi peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 2 Painan. -0,083 Kategori nilai korelasi yang diperoleh berkorelasi negatif (berawanan arah).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Informasi, Hasil Belajar, Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:25
Last Modified: 28 Apr 2025 08:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8610

Actions (login required)

View Item
View Item