Afwan, Afwan (2013) Efektifitas Penggunaan Media Puzzle Rumah Angka untuk Pemahaman Angka Satu Sampai Sepuluh pada Anak Tunagrahita Ringan di SLB Amal Bhakti Kec. 2x11 Enam Lingkung: Single Subject Research kelas II di SLB Amal Bhakti. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_AFWAN_03922_5002_2013.pdf [thumbnail of B1_04_AFWAN_03922_5002_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_AFWAN_03922_5002_2013.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di SLB Amal Bhakti, seorang anak tunagrahita ringan kelas II di SLB semester I yang mengalami masalah dalam mengenal bentuk angka, sehingga ketika disuruh menunjukkan dan menuliskan anak mengalami kesulitan. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektifitas penggunaan media Puzzle Rumah angka untuk pemahaman mengenal bentuk angka pada anak tunagrahita ringan kelas II di SLB Amal Bhakti. Penelitian menggunakan pendekatan Single Subject Research, disain A-BA dan teknik analisis datanya menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian adalah anak tunagrahita ringan kelas II, yang mana anak disuruh menunjukkan dan menyebutkan angka sesuai bentuknya, banyak angka yang didiktekan sebanyak sepuluh angka yaitu angka 1 sampai 10. Pengukuran variabelnya menggunakan persentase berapa angka yang dapat dikenal anak sesuai dengan bentuknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Puzzle Rumah Angka efektif Untuk Pemahaman Angka Satu Sampai Sepuluh pada anak Tunagrahita ringan dalam pengajaran matematika kelas II SLB Amal Bhakti. Pengamatan dilakukan dengan tiga sesi yaitu pertama, sesi baseline sebelum diberikan intervensi (A1) yang dilakukan sebanyak lima kali pengamatan, persentase kemampuan mengenal bentuk angka pada kondisi ini terletak pada rentang 0%. Kedua, sesi intervensi (B) dengan menggunakan media Puzzle Rumah Angka pengamatan dilakukan sebanyak dua belas kali, persentase kemampuan mengenal bentuk angka pada kondisi ini terletak pada rentang 10%, 30%, 35%, 25%, 25%, 40%, 50%, 65%, 70%, 70%, 90% dan 90%. Ketiga pada sesi baseline (A2) dilakukan sebanyak empat kali pengamatan, didapat hasil kemampuan anak dalam mengenal bentuk angka meningkat yaitu terletak pada rentang 55%, 80% sampai 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan media Puzzle Rumah Angka efektif dalam meningkatkan Pemahaman Angka Satu Sampai Sepuluh pada anak Tunagrahita ringan di SLB Amal Bhakti Kec. 2x11 Enam Lingkung. Disarankan pada guru hendaknya dapat menggunakan media Puzzle Rumah Angka dalam pemahaman bentuk angka pada anak tunagrahita ringan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Media Puzzle, Tunagrahita ringan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | RAJANA RAJANA |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:07 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8517 |