Pengaruh Pendekatan Proses Sainst Tentang Materi Ekosistem Terhadap Kompetensi Belajar Siswa Kelas VII Semester II SMPN 1 Pariaman

Prawati, Kukuh (2016) Pengaruh Pendekatan Proses Sainst Tentang Materi Ekosistem Terhadap Kompetensi Belajar Siswa Kelas VII Semester II SMPN 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_KUKUH_PRAWATI_1201328_6162_2016.pdf] Text
B1_03_KUKUH_PRAWATI_1201328_6162_2016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini didasari permasalahan di SMPN 1 Pariaman yaitu pemilihan metode pembelajaran yang kurang tepat, siswa kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran dan kompetensi belajar siswa masih rendah. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan pendekatan Keterampilan Proses Sain (KPS) pada materi ekosistem di SMPN 1 Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan keterampilan proses sains tentang materi ekosistem terhadap kompetensi belajar Siswa Kelas VII Semester II SMPN 1 Pariaman Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Randomized Postets–only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas VII i di SMPN 1 Pariaman. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, Kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan Kelas VII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa soal objektif sebanyak 30 butir soal dalam ranah kognitif. Hipotesis pada penelitian ini diuji menggunakan uji-t, karena data terdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Dari penelitian yang telah dilakukan, hasil penelitian diperoleh nilai kompetensi belajar rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi (76,44) dari pada kelas kontrol (70,24). Setelah dilakukan uji t, diperoleh nilai t hitung sebesar 2,89 dan t tabel sebesar 1,6 dan taraf signifikan (α) = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Keterampilan Proses Sains (KPS) dalam pembelajaran berpengaruh positif terhadap aktivitas dan kompetensi kognitif siswa kelas VII SMPN 1 Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses Sains (KPS), Materi Ekosistem, Randomized Posttest–Only Control Group Design
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 25 Apr 2025 09:02
Last Modified: 25 Apr 2025 09:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8279

Actions (login required)

View Item
View Item