Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Eksperimen Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas X Semester I SMA/MA

Sopranda, Kenny Winas (2018) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Eksperimen Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas X Semester I SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_KENNY_WINAS_SOPRANDA_14031012_2699_2018.pdf] Text
B1_03_KENNY_WINAS_SOPRANDA_14031012_2699_2018.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kurikulum 2013 menekankan pembelajaran dengan pendekatan ilmiah. Praktikum merupakan kegiatan pembelajaran yang terbaik untuk mengembangkan keterampilan proses peserta didik karena melibatkan 5 tahap pendekatan saintifik. Salah satu fasilitas yang digunakan sebagai penunjang kegiatan praktikum adalah LKPD Eksperimen digunakan untuk menuntun peserta didik dalam kegiatan praktikum. Berdasarkan hal tersebut, penelitian dilakukan dengan tujuan menghasilkan LKPD Eksperimen berbasis pendekatan saintifik untuk peserta didik Kelas X Semester I SMA/MA yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (four-D models). Model pengembangan terdiri dari 4 tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Tahap define meliputi analisis awal-akhir, analisis peserta didik, analisis tugas. Tahap design dilakukan perancangan LKPD eksperimen berbasis pendekatan saintifik. Tahap develop dilakukan uji validitas LKPD oleh lima orang validator dan uji praktikalitas oleh dua orang guru dan 31 peserta didik Kelas X MAN 1 Padang. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas, dan dianlisis dengan analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka telah dihasilkan Lembar Kerja Peserta Didik Eksperimen berbasis pendekatan saintifik untuk peserta didik kelas X semester I SMA/MA yang sangat valid dengan rerata 3,67 dan sangat praktis dengan rerata 3,82 oleh guru dan 3,48 oleh peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD eksperimen berbasis pendekatan saintifik untuk peserta didik kelas X semester I yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, Pendekatan Ilmiah (Saintifik), Praktikum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 25 Apr 2025 08:36
Last Modified: 25 Apr 2025 08:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8223

Actions (login required)

View Item
View Item