Pengaruh Penerapan Metode Penemuan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran TIK di SMPN 1 Bayang

Yeni, Rahma (2012) Pengaruh Penerapan Metode Penemuan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran TIK di SMPN 1 Bayang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RAHMA_YENI_04078_2125_2013.pdf] Text
B1_3_RAHMA_YENI_04078_2125_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa tersedianya fasilitas labor komputer yang memadai belum mampu menjamin nilai hasil belajar siswa lebih optimal jika tidak ditunjang pula dengan metode pembelajaran yang tepat, sehingga akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Untuk itulah penerapan Metode Penemuan diduga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Metode Penemuan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di kelas VIII SMP N 1 Bayang. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan dalam penerapan Metode Penemuan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat quasy ekssperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Bayang pada tahun ajaran 2012/2013. Teknik penarikan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yang menjadi sampel adalah siswa kelas VIII 2 SMP N 1 Bayang berjumlah 25 orang (kelas eksperimen) dan siswa kelas VIII 3 SMPN 1 Bayang berjumlah 25 orang (kelas Kontrol). Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal dan tugas praktikum dan alat pengumpul data digunakan lembaran tes dan lembaran jawaban siswa. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Dari hasil penelitian rata-rata nilai siswa pada kelas eksperimen yang menerapkan Metode Penemuan memiliki nilai rata-rata (75) lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa pada kelas yang tidak menerapkan Metode Penemuan (66,6). Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t hitung 3,46 sedangkan pada taraf kepercayaan 0,05 t tabel adalah sebesar 2,423. Dengan demikian penerapan Metode Penemuan memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di kelas VIII SMP N 1 Bayang tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Penemuan, TIK, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 25 Apr 2025 04:41
Last Modified: 25 Apr 2025 06:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8180

Actions (login required)

View Item
View Item