Pengaruh Penerapan Model “Cooperative Tipe STAD Berbantuan PowerPoint” Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Kelas V SDN 06 Koto Baru Dharmasraya

Saputra, Andra (2017) Pengaruh Penerapan Model “Cooperative Tipe STAD Berbantuan PowerPoint” Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Kelas V SDN 06 Koto Baru Dharmasraya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_ANDRA_SAAPUTRA_1304748_3871_2017.pdf] Text
B1_03_ANDRA_SAAPUTRA_1304748_3871_2017.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penulisan penelitian ini dilatarbelakangi oleh (1) Interaksi antara siswadengan siswa, dan siswa dengan guru dalam proses pembelajaran sangat minimsekali atau komunikasi di dalam kelas lebih sering terjadi komunikasi satu arah (2)siswa merasa takut dalam menyampaikan pendapat dan bertanya kepada gurukembali mengenai materi yang disampaikan, sehingga banyak siswa yang merasajenuh ketika proses pembelajaran berlansung (3) pembelajaran merupakan sesuatuyang membosankan bagi siswa,tidak menarik dan membuat siswa tidak tertantanguntuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui apakah hasil belajarmenggunakan model kooperatif stad berbantuan PowerPoint lebih tinggi secarasignifikan (2) apakah hasil belajar menggunakan model kooperatif stad berbantuanPowerPoint sudah optimal (3) bagaimana pengaruh penerapan model kooperatif stadberbantuan PowerPoint terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPA kelas V SDN06 Koto Baru Dharmasraya.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 orang. Sampel dilakukan denganteknik total sampling teknik penentuan sampel bila semua anggota populasidigunakan sebagai Sample, yaitu Kelas V.A sebagai kelas eksperimen dan V.Bsebagai kelas kontrol masing-masingnya berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulandata adalah tes soal dalam bentuk objektif dan alat pengumpulan data adalah soal tesberbentuk objektif yang terdiri dari 40 butir soal.Hasil penelitian menemukan terdapat perbedaan yang signifikan dari hasilbelajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model kooperatif stad berbantuanmultimedia pembelajaran dan kelas kontrol menggunakan metode konvensionaldengan rata rata kelas eksperimen (V.A) yaitu 84,25 dan nilai rata-rata kelas kontrol(V.B) yaitu 75.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: odel kooperatif tipe STAD, Hasil belajar, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 25 Apr 2025 04:40
Last Modified: 25 Apr 2025 04:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8163

Actions (login required)

View Item
View Item