Rizqi, Afdhal (2017) Pengaruh Kepemimpinan Manajer Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di New d’Dhave Hotel Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_AFDHAL_RIZQI_1306400_5484_2017.pdf [thumbnail of B1_04_AFDHAL_RIZQI_1306400_5484_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_AFDHAL_RIZQI_1306400_5484_2017.pdf
Download (877kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari hasil observasi pra penelitian terhadap karyawan New d’Dhave Hotel Padang, dimana masih adanya karyawan yang mengeluhkan tentang pemimpin mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepemimpinan Manajer terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di New d’Dhave Hotel Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode assosiatif kausal yang bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh variabel Kepemimpinan Manajer (X) Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Y) di New d’Dhave Hotel Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan berjumlah 30 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang yang diambil menggunakan teknik pengambilan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan komunikasi tidak lansung melalui kuesioner (angket) dengan mengunakan skala likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis menggunakan bantuan Program Komputer SPSS versi 16.0. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Kepemimpinan Manajer berada pada kategori cukup baik (76,66%), (2) Kepuasan Kerja Karyawan berada pada kategori cukup puas (66,66%), (3) Hasil uji hipotesis regresi linear sederhana diperoleh nilai konstan (a) sebesar 71.831, angka ini memiliki arti apabila tidak ada kepemimpinan manajer (X) maka nilai konsisten kepuasan kerja (Y) adalah 71.831. Kemudian didapat nilai koefisien regresi (b) sebesar -0,420, angka ini memiliki arti bahwa setiap peningkatan 1 satuan kepemimpinan manajer (X), maka kepuasan kerja (Y) akan menurun sebesar -0,420. Karena nilai koefisien regresi bernilai negatif (-), maka dengan demikian dapat dikatakan bahwa kepemimpinan manajer(X) berpengaruh negatif terhadap kepuasan kerja (Y).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4 |
Depositing User: | RAJANA RAJANA |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 04:01 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 04:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8113 |