Sistem Pembelajaran Digital Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education

Ismail, Rafki Nasuha (2023) Sistem Pembelajaran Digital Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_08_RAFKI_NASUHA_ISMAIL_19169025_8716_2023.pdf] Text
B1_08_RAFKI_NASUHA_ISMAIL_19169025_8716_2023.pdf

Download (768kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya mengintegrasikan karakteristik
Realistic Mathematics Education (RME) dalam sistem pembelajaran digital untuk
memenuhi keterampilan abad 21 yang dibutuhkan di era digital. Tujuan penelitian
ini adalah untuk menghasilkan dan mengembangkan sistem pembelajaran digital
berbasis RME (SPD-RME) yang valid, praktis dan efektif guna meningkatkan
kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar. Metode design
research menggabungkan model pengembangan Plomp dan Gravemeijer and
Cobb dengan tahap menurut Plomp (1) fase preliminary research; (2) fase
pengembangan atau prototipe dengan serangkaian evaluasi formatif berupa self
evaluation, expert review, one to one evaluation, dan small group; dan (3) fase
asesmen berupa field test. Tahap menurut Gravemeijer & Cobb berupa (1) fase
persiapan percobaan; (2) fase uji coba desain di kelas; dan (3) fase analisis
retrospektif. Desain sistem SPD- RME digunakan saat pengembangan produk
didukung dengan hypothetical learning trjectory (HLT), buku panduan digital
guru (BPDG), dan buku digital kerja siswa (BDKS) terintegrasi karakteristik
RME. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN
8, 25, dan 26 Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis
dokumen, wawancara, observasi, penyebaran angket, dan tes. Hasil penelitian
menunjukkan sistem SPD-RME telah memenuhi kritera validitas, praktikalitas dan
efektivitas. Dari segi aspek validitas sistem SPD-RME memenuhi karakteristik
dihasilkan sesuai dengan kebutuhan, yakni siswa membutuhkan sistem
pembelajaran digital dengan LMS Santiang didukung oleh E-BDKS dan E-BPDG
dalam mempelajari topik SPLDV. Dari segi aspek praktis sistem SPD-RME
memenuhi karakteristik ditunjukkan dengan semua level sekolah dapat melakukan
aktivitas pembelajaran dengan LMS Santiang, dapat digunakan untuk
memfasilitasi siswa memahami materi SPLDV, bahasa yang digunakan mudah
dipahami. Sistem pembelajaran memudahkan guru dalam menerapkan langkahlangkah
kegiatan yang ada dalam E-BPDG sesuai dengan waktu yang ditetapkan
serta dapat digunakan sewaktu-waktu sebagai pengganti atau variasi dalam
pembelajaran matematika. Dari segi efektif dengan karakteristik dihasilkan
berdampak terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan
kemandirian belajar siswa. Ini berarti bahwa SPD-RME yang dihasilkan dapat
dimanfaatkan untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa
dan kemandirian belajar siswa

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pembelajaran Realistic Mathematics Education
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 25 Apr 2025 03:02
Last Modified: 25 Apr 2025 03:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8036

Actions (login required)

View Item
View Item