Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran di Kelas V SD Negeri 06 Balai Badak Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam

Tinur, Amma Zetriane (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran di Kelas V SD Negeri 06 Balai Badak Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_AMMA_ZETRIANI_TINVI_52560_1646_2012.pdf] Text
B1_03_AMMA_ZETRIANI_TINVI_52560_1646_2012.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran PKn di kelas V SDN 06 Balai Badak Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam, menunjukkan bahwa dalam pembelajaran PKn masihdilaksanakan secara konvensional, kondisi tersebut mengakibatkan rendahn yahasil belajar dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang tidak sesuai dengan KKM yang telah ditetapkan yaitu 70. Oleh karena itu dilakukan penelitianini yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 06Balai Badak dengan materi pengaruh peran serta dalam organisasi di sekolahdengan metode bermain peran.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatankualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 06 BalaiBadak Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam dengan jumlah siswa 17orang, yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Penelitian inidilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan ini meliputi, (1) perencanaan, (2)pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Data penelitian ini diperolehmelalui observasi, dokumentasi dan hasil tes.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran siklus I dengan rata-rata 80% termasuk katagori baik, siklus II rata-rata 94%dengan katagori sangat baik.Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I dengan rata-rata 74% termasuk katagori baik, siklus II rata-rata 94% termasuk katagori sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I dengan rata-rata 67% termasuk katagori cukup, siklus II rata-rata 94% termasuk katagori sangat baik.Hasil belajar siswa siklus I diperoleh rata-rata 70% termasuk katagori baik,siklus II mencapai rata-rata 85% termasuk katagori sangat baik. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.Maka dapat disimpulkan bahwa dengan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil Kewarganegaraan (PKn).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 24 Apr 2025 08:35
Last Modified: 24 Apr 2025 08:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7905

Actions (login required)

View Item
View Item