Fikri, Amirul (2022) Pengembangan Podcast Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Kalimat Transitif & Intransitif untuk Siswa SD Kelas IV. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_Amirul_Fikri_18004062_6434_2022.pdf [thumbnail of B1_03_Amirul_Fikri_18004062_6434_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_Amirul_Fikri_18004062_6434_2022.pdf
Download (8MB)
Abstract
Pengembangan podcast sebagai media pembelajaran dilakukan sebagaibentuk upaya dalam mengatasai permasalahan dalam kegiatan pembelajaran,dimana kurangnya media pembelajaran yang digunakan guru berdampak padakurangnya motivasi siswa dalam belajaran. Podcast merupakan media yang cocokdengan pembelajaran bahasa karena selalu berhubungan dengan keterampilanmenyimak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan podcast sebagai mediapembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV agar menghasilkanmedia yang layak, praktis serta efektif digunakan oleh guru dan siswa.Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development(R&D) dengan model penelitian Hannafin & Peck. Model pengembangan ini terdiridari 3 tahapan pada setiap tahapnya yang terdapat evaluasi yaitu Analisis kebutuhan(Need asessment), tahap ini dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan dalammengembangkan media pembelajaran berdasarkan hasil analisis kurikulum,analisis siswa dan analisis konsep. Desain (Design), tahap desain ini bertujuanuntuk mengidentifikasi dan mendokumenkan kaidah dalam pembuatan mediapodcast yang dilakukan dengan perancangan produk awal. Pengembangan danimplementasi (Development and implementation) Rancangan produk pada tahapdesain kemudian dikembangkan menjadi media pembelajaran dan dilakukan ujivaliditas, praktikalitas dan efektifitas untuk mengetahui kelayakan penggunaanpodcast sebagai media pembelajaran yang peneliti kembangkan.Berdasarkan hasil penilaian dari validator media dan validator materi,diperoleh hasil validasi materi rata-rata sebesar 4,9 dikategorikan “sangat sesuai”,hasil validasi dari validator media 1 diperoleh rata-rata sebesar 3,42 dikategorikan “valid” dan validator media 2 diperoleh rata-rata sebesar 4,86 dikategorikan “sangatvalid”. Media podcast ini dikatakan “praktis” berdasarkan uji praktikalitas dengan rata-rata nilai 4,37. Hasil efektivitas penggunaan podcast sebagai media pembelajaran didapatakan nilai t-hitung sebesar 8,87 dengan t-tabel sebesar 2,060sehingga hasil t-hitung > t-tabel. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan siginifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media podcast untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Podcast, Efektivitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 08:19 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 08:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7886 |