Arianti, Pebri (2012) Pengembangan Komik Berwarna Berbasis Contextual Learning (CL) yang Dilengkapi Peta Konsep pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan untuk SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_PEBRI ARIANTI_04989_2012.pdf [thumbnail of B1_3_PEBRI ARIANTI_04989_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_PEBRI ARIANTI_04989_2012.pdf
Download (292kB)
Abstract
Pemerintah selalu berupaya meningkatkan mutu pendidikan, salah satu upaya yang dilakukan adalah meningkatkan jumlah penyediaan buku pelajaran yang disumbangkan ke sekolah-sekolah. Namun, buku yang tersedia belum mampu memotivasi peserta didik untuk membaca dan mempelajarinya. Masalah lain adalah belum tersedianya komik berwarna berbasis Contextual Learning (CL) yang dilengkapi peta konsep yang valid dan praktis serta dapat memotivasi peserta didik untuk belajar. Berdasarkan hal tersebut perlu dikembangkan komik berwarna berbasis CL yang dilengkapi peta konsep pada materi pertumbuhan dan perkembangan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan komik berwarna berbasis CL yang dilengkapi peta konsep pada materi pertumbuhan dan perkembangan yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan 4- D models yang terdiri dari 4 tahap yaitu, define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Tahap define terdiri dari analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis tugas, dan analisis konsep. Pada tahap design dilakukan perancangan komik berwarna berbasis CL yang dilengkapi peta konsep. Pada tahap develop dilakukan uji validitas oleh 3 orang dosen biologi dan 3 orang guru biologi SMP, selanjutnya uji praktikalitas oleh 3 guru biologi kelas VIII SMP dan peserta didik kelas VIII/I SMP N 34 Padang. Tahap disseminate tidak dilaksanakan. Data hasil pengamatan kemudian diambil secara deskriptif. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa komik ini valid ditinjau dari aspek didaktik 90,83%, konstruksi 90,53%, dan teknis 81,94%. Hasil uji praktikalitas komik oleh guru menunjukkan bahwa komik ini sangat praktis ditinjau dari tiga aspek yakni, aspek kemudahan penggunaan 90,74%, manfaat yang didapat 91,67%, dan efisiensi waktu pembelajaran 91,67%. Hasil uji praktikalitas komik oleh peserta didik juga menunjukkan bahwa komik ini sangat praktis ditinjau dari tiga aspek yakni, aspek kemudahan penggunaan 90,45%, manfaat yang didapat 91,54%, dan efisiensi waktu pembelajaran 93,36%. Dapat disimpulkan bahwa komik berwarna berbasis CL yang dilengkapi peta konsep pada materi pertumbuhan dan perkembangan yang dihasilkan sudah valid dan sangat praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Komik, Contextual Learning (CL), Peta Konsep |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 07:41 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 07:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7838 |