Developing Senior High School Students’ Self Directed Strategy in Speaking

Sari, Patrika Manggar (2012) Developing Senior High School Students’ Self Directed Strategy in Speaking. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_PATRIKA_MANGGAR_SARI_77131_2285_2012.pdf] Text
B1_3_PATRIKA_MANGGAR_SARI_77131_2285_2012.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pengajaran speaking (berbicara) bertujuan untuk melatih siswa agar mampu berkomunikasi secara lisan dalam Bahasa Inggris dengan lancar dan benar. Namun kenyataan di lapangan masih banyak siswa mengalami kesulitan dalam berbicara Bahasa Inggris. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa factor seperti: sedikitnya kesempatan siswa untuk berbicara Bahasa Inggris di kelas, kurangnya kosakata yang dimiliki siswa, siswa tidak memiliki banyak ide untuk berbicara, dan metode yang dipakai guru juga membuat siswa menjadi bosan. Sehingga tujuan yang ditetapkan tidak tercapai secara maksimal. Salah satu usaha dalam mengatasi pembelajaran berbicara (speaking) adalah menggunakan strategi self-directed. Strategi self-directed adalah strategi pembelajaran yang dapat melibatkan dan memberikan kebebasan kepada siswa untuk menghubungkan pengetahuan akademik dengan kehidupan sehari-harinya. Selanjutnya, proses pembelajaran self-directed dilakukan dalam 5 tahap. Tahaptahap tersebut dapat melibatkan siswa dalam belajar secara mandi. Tahap pertama adalah tahap pengambilan tindakan. Pada tahap ini, siswa saling berbagi pengalaman mengenai cara membuat sate. Tahap kedua adalah membuat pertanyaan, yaitu berkaitan dengan topik cara membuat sate. Tehap selanjutnya, siswa membuat pilihan dengan cara memutuskan pemberian beban kerja masingmasing anggota kelompok. Tahap keempat, siswa dituntut untuk membantu kesadaran diri untuk menghargai beban kerja yang telah diberikan. Tahap yang terakhir adalah membangun kerja sama bagi siswa sehingga dapat memecahkan persoalan dalam kelompok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Speaking, Self Directed Strategy
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 24 Apr 2025 07:40
Last Modified: 24 Apr 2025 07:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7834

Actions (login required)

View Item
View Item