Fadirsam, Allan (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan Karyawan Terhadap Kepuasaan Tamu Menginap di New d’Dhave Hotel Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_ALLAN_FADIRSAM_1306372_1475_2018.pdf [thumbnail of B1_03_ALLAN_FADIRSAM_1306372_1475_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_ALLAN_FADIRSAM_1306372_1475_2018.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari informasi observasi yang penulis lakukansewaktu melaksanakan kegiatan Pra Penelitian di New d’Dhave Hotel Padang,bahwa adanya ketidakpuasan tamu terhadap kualitas pelayanan karyawan dalammelayani tamu,adapun ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kualitaspelayanan karyawan di New d’Dhave Hotel Padang, 2) Mendeskripsikankepuasan tamu di New d’Dhave Hotel Padang, dan 3) Menganalisis Pengaruhantara kualitas pelayanan dengan kepuasan tamu New d’Dhave Hotel Padang.Jenis penelitian digolongkan kepada penelitian assosiatif kausal. Populasidalam penelitian ini adalah seluruh tamu yang pernah dan yang sedang menginapdi New d’Dhave Hotel Padang tahun 2017 berjumlah 361. Sampel penelitianberjumlah 78 orang. Teknik pengambilan sampel adalah Sampling purposive.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket)dengan skala likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya datadianalisis melalui analisis regresi linear sederhana dengan bantuan ProgramKomputer SPSS versi 16.00.Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) kualitas pelayanan karyawan hotelberada pada kategori kurang baik dengan nilai persentase(83%), 2) KepuasanTamu berada pada kategori sangat baik dengan nilai persentase (65%), 3) Hasil ujianalisis regresi linear sederhana dengan taraf signifikansi 0,05, terdapat pengaruhantara kualitas pelayanan karyawan terhadap kepuasan tamu dengan nilai sebesar11,3% dan faktor lain dengan nilai persentase 88,7%. Faktor lain yangmempengaruhi kepuasan tamu yang sedang menginap di New d’Dhave HotelPadang seperti: kualitas produk,harga,dan biaya.Berdasarkan hasil penelitian inisaran kepada pihak New d’Dhave Hotel Padang agar tamu yang menginap merasapuas serta dapat melakukan pembelian berulang, hal tersebut dengan caramemberikan pelatihan sesuai dengan bidang pekerjaan dan pelatihan soft skilseperti pelatihan cara berkomunikasi dan pengembangan diri karyawan tersebut.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas pelayanan, Kepuasan tamu |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 07:07 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 07:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7771 |