Maudinah, Irza (2017) Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik Semester Ganjil Kelas X TITL A SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_IRZA_MAUDINAH_1308833_2824_2017.pdf [thumbnail of B1_03_IRZA_MAUDINAH_1308833_2824_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_IRZA_MAUDINAH_1308833_2824_2017.pdf
Download (16MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya antusias siswa untuk mengikuti pembelajaran, siswa kelas X TITL di SMK Negeri 1 Padang belum memiliki modul pembelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik (DPL) dan modul pembelajaran yang dimiliki guru tidak sesuai dengan silabus sehingga menyebabkan hasil belajar yang diperoleh siswa banyak yang belum tuntas. Oleh karena itu diperlukan pengembangan modul pembelajaran yang dirancang sesuai dengan silabus. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan modul pembelajaran yang valid, praktis dan efektif dalam pembelajaran DPL. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (define, design, develop, dan dessiminate). Subjek penelitian ini adalah modul pembelajaran mendeskripsikan pengukuran besaran listrik dan mengukur besaran-besaran listrik pada Mata Pelajaran DPL. Responden dalam penelitian ini adalah guru Mata Pelajaran DPL dan siswa kelas X TITL A sebagai uji praktikalitas dan uji efektivitas. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi yang diberikan kepada dua dosen dan satu guru mata pelajaran sebagai validator. Lembar praktikalitas diberikan kepada guru mata pelajaran dan siswa kelas X TITL A sebagai pengguna modul. Pengujian efektivitas modul pembelajaran berupa posttest yang diberikan kepada siswa kelas X TITL A. Hasil pengujian validasi modul pembelajaran yaitu validator 1 sebesar 87,69%, validator 2 sebesar 90,76%, validator 3 sebesar 90,76% dan memperoleh rata-rata sebesar 89,73% dengan kategori sangat valid. Hasil pengujian praktis dari guru sebesar 93,6% dengan kategori sangat praktis dan hasil praktis 29 siswa memperoleh rata-rata sebesar 89% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas sebesar 93,10% dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian penelitian ini telah menghasilkan modul pembelajaran mendeskripsikan pengukuran besaran listrik dan mengukur besaran-besaran listrik pada Mata Pelajaran DPL yang valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Modul Pembelajaran, Dasar dan Pengukuran Listrik, Mendeskripsikan Pengukuran Besaran Listrik Dan Mengukur Besaran-Besaran Listrik |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 06:55 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 06:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7752 |