Yunita, Fitri (2013) Pengaruh Metode Demonstrasi Kelompok dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup di SMA Negeri 8 Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_FITRI_YUNITA_1109844_6751_2013.pdf [thumbnail of B1_1_FITRI_YUNITA_1109844_6751_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_FITRI_YUNITA_1109844_6751_2013.pdf
Download (542kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh Metode Demonstrasi
Kelompok dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Lingkungan
Hidup, melalui tiga rumusan masalah: (1) Apakah hasil belajar siswa yang
menggunakan metode demonstrasi kelompok lebih tinggi dibandingkan hasil belajar
siswa yang menggunakan metode ceramah?, (2) Apakah hasil belajar siswa dengan
motivasi tinggi yang menggunakan metode demonstrasi kelompok lebih tinggi
daripada hasil belajar siswa dengan motivasi tinggi yang menggunakan metode
ceramah?, (3) Apakah terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi
belajar terhadap hasil belajar?.
Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain treatment
block. Penelitian ini dilakukan di SMAN 8 Pekanbaru semester genap tahun pelajaran
2012/2013. Sampel diambil dengan tehnik proposive random sampling. Data
penelitian dikumpulkan melalui tes akhir. Data dianalisis dengan uji t dan analisis
varian.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa yang belajar menggunakan
Metode Demonstrasi Kelompok memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dari pada
siswa yang belajar dengan metode ceramah. Siswa yang memiliki motivasi tinggi
yang belajar dengan metode demonstrasi kelompok memperoleh hasil belajar yang
lebih tinggi daripada siswa yang memiliki motivasi tinggi yang belajar dengan
metode ceramah. Tidak terdapat interaksi antara metode demonstrasi kelompok
dengan motivasi dan hasil belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa metode
demonstrasi kelompok berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 05:34 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 05:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7653 |