Pengaruh Model Pembelajaran Mastery Learning Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SMPN 1 Payakumbuh

Oktavalen, Sisi (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Mastery Learning Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SMPN 1 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_SISI_OKTAVALEN_17004150_16_2022.pdf] Text
B1_3_SISI_OKTAVALEN_17004150_16_2022.pdf

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan pada mata pelajaran Matematika di SMPN 1 Payakumbuh, proses belajar mengajar kurang menarik dan menyenangkan karena tidak didukung oleh model dan media yang sesuai. Masih ada hasil belajar siswa yang belum mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Penelitian ini menguji cobakan model pembelajaran Mastery Learing berbantuan video dan melihat pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan quasy experiment. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Payakumbuh yang teridir dari 10 kelas dengan jumlah siswa 334 orang dan sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Siswa kelas VIII 10 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII 8 sebagai kelas kontrol, masingmasing berjumlah 30 orang. Pengumpulan data menggunakan tes objektif dan alat pengumpulan data berupa lembaran tes. Jenis data adalah hasil belajar siswa dan sumber datanya adalah siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan t-test. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan didapatkan rata-rata hasil belajar siswa kelas VIII 10 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Mastery Learning berbantuan video adalah 86,4 dan kelas VIII 8 yang menggunakan model pembelajaran konvensional berbantuan video adalah 80,4. Hasil analisis dengan menggunakan t-test menunjukkan hasil t hitung 2,516 sedangkan t tabel 2,001 pada taraf kepercayaan 95% (α 0,05), sehingga t hitung > t tabel . Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang siginifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Mastery Learning berbantuan video dengan menggunakan model pembelajaran konvensional berbantuan video.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mastery Learning, Video, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 24 Apr 2025 03:22
Last Modified: 24 Apr 2025 03:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7499

Actions (login required)

View Item
View Item